Notification

×

Iklan

Baznas Berikan Bantuan untuk Warga Terdampak Bencana Tanah Longsor

Jumat, 28 Mei 2021 | 20:14 WIB Last Updated 2021-05-28T13:14:10Z

Wako Sawahlunto, Deri Asta, didampingi Ketua Baznas, Edrizon Effendi dan Sekdako, Ambun Kadri menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penerima manfaat zakat.


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kota Sawahlunto memberikan bantuan kepada warga korban bencana tanah longsor dan pelajar yang membutuhkan biaya pendidikan, Jumat 28 Mei 2021.


Bantuan itu diserahkan Walikota Sawahlunto, Deri Asta,  dan Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr Ambun Kadri kepada 4 orang mustahiq penerima. 


Ketua BAZNas Kota Sawahlunto, Edrizon Effendi menyampaikan bahwa 4 orang mustahiq itu adalah korban bencana tanah longsor atas nama Syaiful Suwondo dan Zainal Abidin dari Kelurahan Saringan Kecamatan Barangin, dan Ujang dari Desa Lumindai Kecamatan Barangin. Kemudian untuk biaya pendidikan atas nama Al Azhar dari Kelurahan Pondok Kapur Kecamatan Lembah Segar. 


"Tahapannya, kita sudah menerima berkasnya dari desa/kelurahan, kemudian kita turunkan tim untuk melakukan peninjauan dan verifikasi lapangan untuk mencek apakah memang masuk kriteria dan syarat yang ditentukan. Jadi untuk yang menerima sekarang ini semuanya itu sudah lolos verifikasi lapangan kita," ujar Edrizon Effendi.


Sementara terkait besaran bantuan yang diberikan, dikatakan Edrizon memang tidak sama rata artinya masing - masing penerima menerima bantuan yang berbeda besarannya. Hal ini dikarenakan besaran bantuan adalah sesuai kajian yang dilakukan oleh tim saat peninjauan ke lokasi. 


"Kita sesuaikan dengan kebutuhan penerima, contohnya rumah yang terdampak longsor itu  kan ada yang rusak berat ada juga yang rusak ringan. Tentu berbeda bantuan yang kita berikan," kata Edrizon. 


Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan, BAZNas menjadi mitra strategis Pemko Sawahlunto dalam memberikan bantuan kepada masyarakat. Hanya saja, untuk BAZNas dibatasi sesuai syariat bahwa yang bisa dibantu hanya yang termasuk ke dalam kategori mustahiq. 


"Ini kita saling melengkapi. Seperti untuk bencana alam, itu kita di Pemko melalui Dinas Sosial dan BPBD memberikan bantuan juga. Ini yang kemudian dilengkapi oleh BAZNas jika yang bersangkutan termasuk dalam kategori mustahiq. Sinergi ini kita pertahankan dan harus semakin ditingkatkan," ujar Walikota Deri Asta. (Hms/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update