Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Rabu, 9 Juni 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
46.385 642 41.832 1.048
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Athari Gauthi Ardi Protes Keras Kebijakan Pemerintah yang Tidak Konsisten

Minggu, 09 Mei 2021 | 23:07 WIB Last Updated 2021-05-09T16:07:45Z

Athari Gauthi Ardi, anggota Komisi V DPR RI.


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Warga Negara Asing (WNA) dari China kembali masuk Indonesia secara bergelombang, menimbulkan pertanyaan besar di publik.


Anggota DPR RI Komisi V, Athari Gauthi Ardi ikut protes kebijakan pemerintah ini.


Disatu sisi pemerintah sedang menerapkan aturan pelarangan mudik dengan tujuan menekan penyebaran Covid-19, tapi disisi lain pemerintah juga membiarkan WNA dari China bebas masuk Indonesia.


Athari Gauthi Ardi membenarkan kalau dia meminta dengan tegas kepada pemerintah untuk menutup semua jalur transportasi baik domestik maupun luar negeri.


“Pemerintah harus menyetop dulu masuknya warga negara asing ini ke Indonesia. Pasalnya, sekarang saya khawatir, apakah WNA ini membawa risiko yang kecil dalam penyebaran Covid-19 dibanding mudik? Saya rasa risikonya sama-sama besar,” katanya kepada Rakyatterkini.com melalui pesan WhatsApp.


Menurut Politisi PAN asal Sumbar ini, kalau ini terus dibiarkan, percuma usaha selama ini untuk menekan dan menahan penyebaran Covid-19 di Indonesia, ujarnya.


Ia juga meminta agar aturan yang diterapkan pemerintah harus berlaku untuk semua.


“Rakyat sendiri dilarang mudik, warga negara asing malah dibebaskan masuk. Dimana letak keberpihakannya pemerintah dengan rakyat saat ini, konsisten donk, ” lanjutnya.


Dikatakan Athari, sebelumnya ia sudah sangat apresiasi dengan langkah pemerintah untuk melarang mudik dengan tujuan menekan kasus Covid-19 . Namun, dengan tetap membiarkan WNA masuk, itu membuatnya heran.


“Pasti nanti akan dipertanyakan ke Kemenhub, tetapi sebelumnya ini perlu ditanyakan dengan banyak pihak lainnya juga. Ada Satgas, dan pihak-pihak terkait  lainnya juga,” tegas Athari.


Gelombang kedatangan WNA dari China ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, hingga Sabtu (8/5/2021) masih terus berlangsung.


Gelombang  pertama WNA China di Indonesia melalui Bandara Soetta , terjadi pada Selasa, 4 Mei 2021 sekitar pukul 14.55 WIB. Saat itu, 85 WNA China datang dengan pesawat charter China Southern Airlines. 


Gelombang kedua WNA China, datang pada 6 Mei 2021. Saat itu, para WNA China datang dengan pesawat Xiamen Air MF855. Tercatat, 46 WNA China menumpang pesawat itu.


Pada gelombang kedatangan yang kedua ini, para WNA China tidak berjalan mulus. Mereka harus melewati pemeriksaan dokumen dan kesehatan hingga berjam-jam. Dari informasi itu, hanya 17 WNA China lolos pemeriksaan.


Tercatat, pesawat membawa sekitar 160 orang. Saat ini, mereka sudah tiba di Bandara Soetta dan sedang dalam pemeriksaan. Dari total 160 penumpang itu, 157 WNA China, dan 3 lainnya merupakan penumpang WNI. (Ris1)




×
Berita Terbaru Update