Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Rabu, 9 Juni 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
46.385 642 41.832 1.048
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Walikota Lantik 8 Kepala Desa Terpilih 2021

Kamis, 15 April 2021 | 12:38 WIB Last Updated 2021-04-15T05:38:46Z
Walikota Deri Asta menandatangani akta pelantikan 8 kades di Sawahlunto.


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Sebanyak 8 kepala desa hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Kota Sawahlunto, dilantik Walikota Deri Asta, masa jabatan 2021-2027, Kamis 15 April 2021 di Hall PT Bukit Asam UPO Sawahlunto.

Wali Kota menuturkan pelaksanaan Pilkades serentak yang diselenggarakan di  8 desa di Kota Sawahlunto ini berlangsung aman dan tenteram. Momentum bersejarah ini harus menjadi awal titik pengabdian bagi para kades.


"Desa harus memiliki peran terdepan dalam ketatanegaraan pemerintahan di Kota Sawahlunto, kreativitas dan sumber daya manusia aparatur desa harus ditingkatkan untuk meningkatkan pengabdian dalam gerak pembangunan di desanya. Jadilah bagian dari solusi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, jangan jadi beban, "ujar Deri Asta.


Selain itu, Deri Asta yang juga Ketua PAN Sawahlunto berpesan, agar para kades bisa memaksimalkan dana desa untuk pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat. 


Kepala Desa agar mengevaluasi ulang skala prioritas dana desa agar bersinergi dengan program Pemko. Anggaran dana desa tambah besar, baik dari DD maupun ADD, akurasi penggunaan anggaran harus sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat.


"Kita berikan target kepada Kades yang ada, selama masa jabatannya harus bisa mengangkat warganya dari zona kemiskinan, minimal 5 orang." katanya.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD–PPA) Kota Sawahlunto, Efriyanto menjelaskan delapan (8) kepala desa yang dilantik itu, Desa Rantih,M Edi Yusuf,  Desa Sijantang Koto, Rendi Setiawan, Desa Talawi Mudiak,Syamsir, Desa Datar Mansiang, Afrinal,  Desa Bukit Gadang, Epi Yusman,  Desa Talago Gunuang, Ismed Ulya, Desa Kolok Mudiak, Jufrinaldi  dan Desa Muaro Kalaban, Yuriswan.


Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumbar, Drs. H. Syafrizal Ucok, Wakil Wali Kota Sawahlunto, Forkopimda, Setdako, Kepala OPD, Camat, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Ris1)




×
Berita Terbaru Update