Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat, 14 Mei 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
40.111 878 36.370 479
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Safari Ramadhan, Gubernur Serahkan Bantuan Pembangunan Masjid Taqwa Pasaman

Senin, 26 April 2021 | 10:32 WIB Last Updated 2021-04-26T03:34:09Z
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi serahkan bantuan untuk pembangunan  masjid.

Pasaman, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah bersama tim Safari Ramadan 1442 H, di Masjid Taqwa Muhammadiyah Sontang Cubadak, Kecamatan Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman, Minggu 25 April 2021.


Turut Hadir dalam acara tersebut, Bupati Pasaman Benny Utama, Kepala Dinas PUPR Sumbar, Fathol Bari, Kepala Biro Bintal dan Kesra, Syaifullah, Kepala Dinas Sosial Sumbar Jumaidi, Forkopimda Pasaman dan beberapa pejabat dari kabupaten Pasaman.


Kunjungan safari Ramadan Gubernur Sumatera Barat diawali dengan buka puasa bersama dan salat maghrib di rumah dinas Bupati Pasaman dilanjutkan dengan taraweh berjamaah sekaligus memberikan ceramah yang diberikan Gubernur Mahyeldi di Masjid Taqwa Muhammadiyah Sontang Cubadak.


Dalam sambutan Gubernur Sumbar Mahyeldi mengajak umat Islam meningkatkan ibadahnya pada bulan Ramadan, sebagai momentum untuk lebih dekat dengan Allah SWT. 


Gubernur yang akrab disapa "Buya" ini menuturkan, bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang paling mulia dibanding bulan-bulan lainnya. Banyak manfaat yang didapat masyarakat selama menjalankan ibadah puasa.


Menurut Buya Mahyeldi, banyak nilai-nilai positif yang didapat masyarakat selama bulan Ramadhan. Terlebih, hal-hal positif tersebut dapat berimbas kepada semangat kerja.


"Ini semua menghadirkan jiwa yang bangkit dan produktif. Uniknya semakin produktif rohaninya, jasmani juga semakin produktif yang dapat diaplikasikan sebagai bentuk etor kerja yang produktif untuk kemajuan perekonomian, sosial, dan kesehatan," kata Buya Mahyeldi.


Mungkin ada yang menyangka bahwa yang paling mulia adalah yang kaya harta, dari golongan konglomerat, yang cantik rupawan, yang punya jabatan tinggi, berasal dari keturunan Arab atau bangsawan. Namun, Allah sendiri menegaskan yang paling mulia adalah yang paling bertakwa.


“Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian, wahai manusia adalah yang paling tinggi takwanya pada Allah, yaitu dengan menunaikan berbagai kewajiban dan menjauhi maksiat. Bukanlah yang paling mulia dilihat dari rumahnya yang megah atau berasal dari keturunan yang mulia.” (Tafsir Ath Thobari, 21:386)


Karena begitu pentingnya taqwa bagi kehidupan kita, maka kita harus berusaha semaksimal mungkin agar bisa menjadi orang yang bertaqwa, meskipun kita tahu bahwa untuk menjadi orang yang bertaqwa bukan hal yang mudah. Allah memberikan kebaikan lima di dunia dan dua di akhirat," ungkapnya.


Jika dalam hidup kita selalu dijiwai oleh taqwa, maka Insya Allah hukum akan tegak dengan adil dan dengan berjalannya hukum sesuai aturan yang berlaku atas dasar azas keadilan tersebut, sudah barang tentua negara akan menjadi negara yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofuur (hidup dalam suasana aman, damai dan penuh dengan kesejahteraan)," sebutnya.     


Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di Sumbar itu memberikan dua pertanyaan kepada anak-anak yang ikut pesantren ramadan di masjid Taqwa itu dan siapa menjawab pertanyaan gubernur Sumbar diberikan hadiah berupa kain sarung. Setiap pertanyaan dari gubernur, dijawab benar penuh semangat oleh setiap anak. 


Selanjutanya, Gubernur Mahyeldi mengatakan, pemerintah provinsi Sumbar siap membantu jalannya pembangunan di Kabupaten Pasaman. Serta siap mendukung terobosan yang dibuat oleh bupati yang baru, salah satunya dalam waktu dekat yakni membangunan jalan Pasaman ke Suliki tembus ke Provinsi Riau.


Pada kesempatan itu, Bupati Pasaman Benny Utama merasa bersyukur atas kehadiran Gubernur Sumbar yang biasa di panggil Buya itu untuk pertama kali hadir di Masjid Taqwa Muhammadiyah di Pasaman dan memberikan bantuan pembangunan Masjid tersebut.


"Alhamdulillah, Buya Mahyeldi hadir di sini selain silaturahmi dengan masyarakat Pasaman, juga membawa bantuan untuk pembangunan masjid Taqwa disini," ucap Benny.


Kecamatan Padang Gelugur merupakan daerah terpadat penduduknya di Pasaman dengan jumlah sekitar 35 ribu jiwa, yang hampir semua penduduk petani yang menghasilkan beras. 


"Kami berharap melalui safari ramadhan ini, pemprov Sumbar bisa memberikan irigasi pada para petani kita, untuk menghasilkan padi terbaik di Sumbar," tuturnya.


Selain itu, bupati juga menyampaikan untuk para peterna ikan juga mengharapkan bantuan dari pemprov Sumbar mulai dari pembibitan dan pakan ikan yang saat ini sudah mulai langka dan mahal.


"Bantuan benih ikan yang diserahkan sangat bermanfaat untuk meringankan biaya produksi budidaya yang memang sangat besar pada sektor pakan dan benih. Para pembudidaya berharap mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para pembudidaya, "ujar bupati Pasaman.


Kemudian usai ceramah Gubernur Buya Mahyeldi menyerahkan bantuan, untuk Masjid Taqwa Sontang berupa uang tunai sebesar Rp20 juta dari pemprov Sumbar dan Rp5 juta dari Bank Nagari Cabang Tapus untuk pembangunan masjid kepada pengurus masjid. (hms-sumbar)




×
Berita Terbaru Update