Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin, 19 Juli 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
61.350 8.430 51.585 1.335
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Markas Pengawas LPPL Berdiri Megah di Kawasan Konservasi Mangrove

Minggu, 25 April 2021 | 15:19 WIB Last Updated 2021-04-25T08:19:08Z
Inilah markas pengawas LPPL Ampiang Parak, Sutera, Pesisir Selatan, berdiri megah di kawasan konservasi mangrove.


Painan, Rakyatterkini.com - Laskar Pemuda Peduli Lingkungan, membangun markas pengawas, di kawasan konservasi mangrove, Kenagarian Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan.


"In Syaa Allah tidak lama lagi Laskar Pemuda Peduli Lingkungan (LPPL) Amping Parak sudah menempati pondok markas mungil berukuran 4 x4, dengan tinggi 6 Meter, "ungkap Ketua LPPL Ampiang Parak, Haridman, Minggu 25 April 2021.


Markas pengawas itu berdiri di sela-sela mangrove dan sangat indah dipandang, pariwisata konservasi penyu.


Pondok markas pengawas ini dibiayai oleh PSDKP Provinsi Sumatera Barat, ungkap Haridman.


Dikatakan, pembangunan markas pengawas tersebut sudah selesai sekitar 90 persen. Markas mungil yang hebat itu tentunya memiliki arti dan manfaat besar bagi LPPL Amping Parak hendanya.


Kalau dipikir dengan logika tentu tidak mudah untuk mendirikan markas pengawas ini. Organisasi pengawasnya sudah harus memiliki kompetensi pengawas, dan itu dimiliki LPPL Amping Parak, terangnya.


Markas pengawas nantinya akan dilengkapi fasilitas pengawas, dan di luar akan ada kapal patroli yang representatif untuk operasional memburu pelanggar hukum dan musuh tanaman mengrove.


Beberapa tahun lalu Kementerian Kelautan dan Perikanan RI menganugerahi Pokmaswas terbaik nasional kepada Pokmaswas LPPL Amping Parak. Penilaian itu sebelumnya dilakukan oleh Pasukan Baret Biru Tua PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.


Dikatakan Haridman, kegiatan pelatihan pengawasan oleh PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan RI terhadap LPPL Amping Parak, Kecamatan Sutera juga  telah berlangsung semenjak 2015 lalu. 


Sejumlah fasilitas pengawasan juga mendukung pelatihan dan pembinaan yang diterima LPPL. Adakalanya LPPL turut patroli gabungan ke lautan lepas guna mengawasi aktivitas illegal fishing. (baron)




×
Berita Terbaru Update