Notification

×

Iklan

Ketua TP-PKK Solok Selatan Dilantik

Senin, 26 April 2021 | 17:27 WIB Last Updated 2021-08-16T10:30:29Z

Ketua TP-PKK Solok Selatan dilantik.


Solok Selatan, Rakyatterkini.com - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mempunyai peran penting untuk pengembangan kegiatan ekonomi. Potensi produk kerajinan yang bernilai budaya lokal diharapkan mampu bersaing di pasar luar negeri.


Itu disampaikan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Senin 26 April 2021, usai pelantikan Ketua TP-PKK dan Dekranasda Kabupaten Solok Selatan dan Solok, di Auditorium Gubernuran Sumbar.


Menurut Buya Mahyeldi, ada dua peran penting Dekranasda. Pertama membantu peningkatan kualitas dan pengembangan produk lokal. Kedua, dengan meningkatnya kualitas dan produksi, Dekranasda harus bisa mendorong industri kecil menjadi berkembang dan maju dengan berupaya menembus pasar ekspor.


Ketua Dekranasda Sumbar, Harneli Bahar menyambut baik harapan pemerintah provinsi tersebut. Menurutnya Dekranasda Sumbar saat ini fokus pada pengembangan produk unggulan di setiap daerah yang kemudian akan dibantu pemasarannya diantaranya melalui pameran-pameran.


Beberapa langkah nyata pembinaan dan bantuan pemerintah diantaranya menurut Harneli adalah penggunaan seragam ASN yang memakai produk kerajinan lokal. Setiap daerah punya keunggulan sulaman atau bordir masing-masing yang bisa dijadikan seragam. Hal ini selain melesrarikan kerajinan lokal juga membantu pengrajin dari segi pemasaran.


Terkait pandemi Covid-19 diakui Harneli geliat UMKM Sumbar sedikit terkendala, namun ia yakin kedepan dengan program Dekranasda untuk peningkatan kualitas produk unggulan yang selama ini sudah menasional serta pembinaan kepada generasi baru pengrajin-pengrajin akan semakin menguatkan UMKM Sumbar. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update