Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Rabu, 04 Agustus 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
73.727 13.899 58.286 1.542
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Harga Gambir Pesisir Selatan Anjlok

Sabtu, 17 April 2021 | 19:26 WIB Last Updated 2021-04-17T12:26:27Z
Petani sedang menjemur gambir.


Pesisir Selatan, Rakyatterkini.com - Harga gambir di Pesisir Selatan kembali anjlok menjadi Rp18 ribu per kilogram, dari harga sebelumnya Rp30 ribu per kilogram.


Sejak satu bulan ini harga gambir anjlok, "ujar pengumpul gambir, Adi (30), Sabtu 17 April 2021.


Harga gambir ini kemungkinan turun karena stok dan gudang di kota Padang sudah penuh, dan tidak ada lagi tempat penampungan. Sampai saat ini, belum ada informasi dari pedagang dari Padang, kapan stabilnya harga.


Diharapkan pada petani agar memperhatikan getah tidak bercampur dengan tanah, sebab sebagai pengumpul getah gambir akan kesulitan untuk menjual ke Padang.


Jika ada tanaman yang diserang jamur, pohonnya dipangkas habis dan daun hasil pemangkasan langsung dibakar. Ini dilakukan agar jamur tidak berkembang dan pindah ke tanaman lain.


Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Pesisir Selatan, Nuzirwan menyebut harga getah gambir di daerah setempat sama dengan daerah lainnya di Sumatera Barat yang tidak menentu.


Namun, kata dia kepala daerah setempat telah melakukan pembicaraan pejabat Kementerian Perindustrian untuk mendirikan pabrik pengolahan getah Gambir.


Getah Gambir akan diolah menjadi pewarna batik, setelah pabrik ini beroperasi kami yakin langkah ini akan mendongkrak harga getah gambir.


Sementara terkait jamur yang menyerang tanaman gambir, disebabkan oleh cuaca yang tidak menentu yang terkadang hujan dan terkadang cerah.


Mencegahnya, disarankan petani agar menyemprotkan cairan pestisida yang secara spesifik membunuh atau menghambat jamur pada tanaman. (baron)




×
Berita Terbaru Update