Covid-19 di Sumbar, Hari ini Pasien Positif Tiga Orang, Sembuh 497

Covid-19 di Sumbar, Hari ini Pasien Positif Tiga Orang, Sembuh 497

Sabtu, 20 Juni 2020, 11:15
Jasman Rizal.

Padang, Rakyatterkini - Update Covid-19 di Sumatera Barat pada Sabtu (20/6/2020) ini, terdapat tiga orang penambahan pasien positif terpapar virus Covid.

Demikian hasil Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc.

Disampaikan, dari 980 sample swab yang dikirim berbagai rumah sakit di Sumbar (966) pemeriksaan di Lab Fak Kedokteran Unand dan 14 sample di (Baso) terkonfirmasi sample positif sebanyak 3 orang. 14 Sample PCR dari Baso semuanya negatif.

Yang positif tersebut berasal dari Kota Padang 1 orang, Kota Solok 1 orang
dan Kabupaten Padang Pariaman 1 orang.

Kepala Dinas Kominfo Sumbar, selaku Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal dalam siaran pers, Sabtu (20/6/2020) menuturkan untuk hari ini juga ada pertambahan kesembuhan sebanyak 4 orang.

Total yang telah sembuh sampai hari ini adalah 497 orang.

Sementara, total warga sumbar positif terinfeksi covid-19 sampai hari ini adalah 703 orang, dengan rincian, pertambahan kesembuhan sebanyak 4 orang. Total kesembuhan adalah 497 orang (70,7%). Persentase kesembuhan tertinggi secara nasional.

Meninggal dunia 30 orang (4,27%), dirawat di rumah sakit dan isolasi mandiri sejumlah 176 orang (25,03%)

"Berdasarkan data, kita bersyukur, angka kesembuhan kita sangat jauh di atas angka kesembuhan nasional dan juga masih merupakan angka kesembuhan tertinggi di Indonesia, "ujar Jasman Rizal.

Artinya, selama ini penanganan tracking telah berada di jalur yang benar dan diharapkan kepada warga tetap memberlakukan protokol covid-19 dalam setiap aktivitas.

"Kedisiplinan dan kepatuhan menjalan protokol covid-19 adalah kata kunci yang harus kita perhatikan dan kita laksanakan dalam aktivitas sehari-hari. Tanpa kepatuhan dan kedisiplinan kita semua, yakinlah pandemi ini tidak akan berujung." (gp)

TerPopuler