Notification

×

Iklan

Tuntaskan Tol, Jalur Lembah Anai Tidak akan Macet, Itulah Solusi Terbaik

Kamis, 13 Juni 2024 | 14:00 WIB Last Updated 2024-06-13T07:00:00Z

Tol Padang-Sicincin, Sumatera Barat.

Padang, Rakyatterkini.com   -   Jalur alternatif Kayu Tanam-Padang Panjang adalah tuntaskan pembangunan tol. Itulah solusi terbaiknya. Hanya tinggal melanjutkan saja, jangan pakai lama-lama, tuntaskan dengan cepat permasalahan tanah. Selesai itu.

Itu proyek strategis nasional. Dananya tersedia, tinggal eksekusi. Soal perizinan di hutan lindung, itu urusan belakangan. Kewajiban pemerintah daerah dan masyarakat hanya pembebasan lahan. 

Palembang-Lampung saja yang ratusan kilometer bisa kelar dalam waktu tiga tahun. Kalau proyek pemerintah, semua kelar dalam waktu singkat.

Beda dengan Sumbar belum juga kelar-kelar, sementara di Riau sana sudah digunakan tol-nya, malahan sudah memasuki fase ketiga menuju Limapuluh Kota.

Jalur kuda beban

Tak banyak yang tahu, ternyata ada jalan yang dibikin alternatif dari Kayu Tanam ke Padang Panjang. Sepertinya, bukan Belanda yang bikin. Kalau Belanda yang bikin pasti dibeton, sehingga berbekas hingga kini.

Jalan alternatif itu akan ditelusuri Kembali. Sebab, jalan itu merupakan jalur kuda beban oleh masyarakat lokal. Jalan itu ditelusuri kembali, mudah-mudahan ketemu titik koordinatnya dan dihidupkan lagi sehingga mampu jadi penyangga atau jadi jalur alternatif ketika ruas Utama Padang-Bukittinggi putus.

Jalan kuda beban itu terungkap Ketika audiensi Gubernur Mahyeldi Ansharullah dengan jajaran KAN Nagari Gunuang Kota Padang Panjang, KAN Nagari Guguak Kecamatan 2X11 Kayu Tanam dan KAN Nagari Anduriang, Padang Pariaman di Padang, Jumat (31/5/2024).

Gubernur mempertimbangkan usulan masyarakat untuk membangun jalan alternatif yang menghubungkan Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman dengan Padang Panjang sebagai penyangga jalur Lembah Anai. (*)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update