Notification

×

Iklan

Gubernur Minta Peran UKS Ditingkatkan dalam Penerapan Gerakan Sekolah Sehat

Sabtu, 29 Juni 2024 | 08:30 WIB Last Updated 2024-06-29T01:30:00Z

Sosialisasi UKS 2024 Implementasi Gerakan Sekolah Sehat (GSS).

Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, menekankan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) berperan penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan di satuan pendidikan.

Itu dikatakan saat membuka Sosialisasi UKS 2024 bertemakan Implementasi Gerakan Sekolah Sehat (GSS) dengan Mengoptimalkan Peran UKS di ZHM Hotel Padang, Jumat, (28/6/2024).

"Saya berharap setiap sekolah dapat memprioritaskan apsek pendidikan dan kesehatan terlaksana beriringan, sehingga dengan demkian setiap anak kita mendapatkan lingkungan belajar yang sehat dan kondusif," kata Gubernur di hadapan lebih kurang 600 kepala sekolah (Kepsek) SMA, SMK, dan SLB se-Sumbar.

Melalui GSS, sambungnya, pemerintah terus berupaya mendorong penerapan pola hidup sehat sejak dini, yang tentunya akan berdampak positif pada perkembangan anak-anak yang tengah menjalani masa pendidikan di sekolah. Sebab, faktor kesehatan akan ssngat mempengaruhi prestasi belajar dan kualitas hidup peserta didik di masa depan.

Dikatakan, GSS bukan semata tentang kesehatan fisik peserta didik. Akan tetapi secara holistik meliputi lima fokus tujuan, yaitu sehat bergizi, sehat fisik, sehat imunisasi, sehat jiwa, dan sehat lingkungan.

Namun nyatanya, masih banyak sekolah yang belum memiliki fasilitas yang memadai untuk menjaga kesehatan siswa secara menyeluruh. Bahkan, masih banyak sekolah yang tidak memiliki toilet yang memadai, minim sumber air bersih, serta minim sarana dan prasarana kesehatan lainnya.

Melalui sosialisasi tersebut, Gubernur berharap seluruh pihak yang memiliki kewenangan di sekolah dapat termotivasi mewujudkan sekolah yang sehat dan berkualitas. Ia juga menekankan, bahwa pembiasaan hidup sehat peserta didik di sekolah akan terbawa pada pembiasaan hidup sehat di rumah dan lingkungan tempat tinggal masing-masing. (adpsb/nov)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update