Notification

×

Iklan

Melaju Kencang, Layanan Kereta Api di Sumbar Terus Membaik, Stasiun Makin Megah

Jumat, 10 Mei 2024 | 23:30 WIB Last Updated 2024-05-10T16:30:00Z

Stasiun Duku, Padang Pariaman.

Padang, Rakyatterkini.com  -  Kereta api berkembang pesat di Sumatera Barat. Kehadiran stasiun-stasiun baru menjadi sorotan utama. Pemerintah provinsi terus menggenjot pembangunan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi yang efisien dan nyaman.

Stasiun baru di Kecamatan Pauh, Padang, menjadi pusat perhatian. Lokasinya strategis bagi masyarakat sekitar, terutama mahasiswa yang tinggal di Limau Manis dan sekitarnya. 

Dengan adanya stasiun ini, mereka tidak perlu lagi merantau jauh ke pusat kota untuk menikmati layanan kereta api, yang kini semakin mendekat ke tengah-tengah masyarakat.

Tak hanya itu, kemegahan stasiun di Simpang Haru juga menjadi bukti nyata kemajuan. Keberadaannya dilengkapi dengan fasilitas pusat perbelanjaan, menjadikannya tidak sekadar tempat transit, tetapi juga destinasi wisata tersendiri. 

Dengan begitu, stasiun-stasiun di Sumatera Barat semakin menyerupai kota-kota besar di Indonesia, memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan memuaskan bagi para penumpang.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, menegaskan komitmen pemerintah provinsi untuk merestorasi jalur kereta api yang telah lama tidak aktif. 

Reaktivasi jalur Padang-Padang Pariaman-Kayu Tanam menjadi salah satu prioritas, bersama dengan rencana pengaktifan kembali jalur Padang Panjang-Sawahlunto, Padang Panjang-Bukittinggi, dan Bukittinggi-Payakumbuh.

Koordinasi intensif dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan terus dilakukan, termasuk upaya mencari lokomotif yang sesuai dengan kondisi jalur rel di Sumatera Barat.

Langkah-langkah ini tidak hanya akan meningkatkan sektor transportasi, tetapi juga membuka peluang baru bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah tersebut. 

Rel kereta api, yang merupakan bagian dari warisan sejarah kolonial, kini menjadi saksi perjalanan sejarah dan semangat pembangunan masa kini.

Dengan keberhasilan reaktivasi jalur kereta api yang telah lama tidak aktif, Sumatera Barat memperlihatkan komitmen dalam menjaga warisan sejarah sambil mengejar kemajuan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat. 

Ini tidak hanya menjadi dorongan bagi sektor transportasi, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi dan pariwisata di wilayah tersebut. (*)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update