Notification

×

Iklan

Perencanaan Masa Depan Sumatera Barat, Kota Solok Terima Penghargaan Prestisius

Jumat, 19 April 2024 | 08:08 WIB Last Updated 2024-04-19T01:08:14Z

Walikota Solok, Zul Elfian Umar terima penghargaan PPD 2024.

Solok, Rakyatterkini.com - Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, menghadiri Musrenbang Terintegrasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2025-2045, di Hotel Pangeran Beach Padang, Kamis (18/4/2024).

Dari Kota Solok hadir juga Asisten III Setda Kota Solok, Zulfadrim, Kepala Bappeda Kota Solok, Desmon, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok, Delfianto, Sekretaris BKD Kota Solok, Susan Hariyani, dan Kabag Prokomp Setda Kota Solok, Deddy Agung Pratama.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, menjelaskan terdapat empat dokumen perencanaan yang diatur oleh pemerintah daerah, dua di antaranya adalah Musrenbang RPJPD 2025-2045 serta RKPD Tahun 2025. Pertemuan ini sangat penting mengingat dokumen perencanaan daerah saling terkait dan beririsan. Tahun ini merupakan tahun pertama RPJPD 2025-2045.

"Musrenbang adalah pertemuan langka dan strategis karena hanya dilakukan sekali dalam 20 Tahun. Kehadiran kita hari ini akan diulang lagi nanti 20 Tahun ke depan," ungkap Mahyeldi.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan survei mengenai ekspektasi semua pihak untuk Sumatera Barat 20 Tahun ke depan, dengan 76% responden mengungkapkan keinginan untuk berkontribusi dalam pembangunan Sumatera Barat.

Visi Sumatera Barat 2045 adalah Sumatera Barat Maju dan Berkelanjutan Berlandaskan Agama dan Budaya. Untuk mewujudkannya, diperlukan dukungan dari semua pihak, termasuk dunia usaha dan masyarakat. Oleh karena itu, semua elemen harus memahami secara detail agar bisa bekerja sama dalam mewujudkannya.

Mahyeldi menekankan perlunya upaya luar biasa, inovatif, baru, dan cerdas untuk memberikan lompatan besar. "Kami mengajak kita bersama berkomitmen mewujudkan mimpi besar Sumatera Barat 2045. Banyak hal yang bisa dilakukan, yang penting adalah rasa peduli dan tanggung jawab kita bersama dalam mewujudkannya," ajak Mahyeldi.

Pada kesempatan itu juga diumumkan penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2024 kategori Kota di Sumatera Barat, termasuk Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kota Payakumbuh, dan Kota Bukittinggi. 

Kota Solok dan Kabupaten Tanah Datar meraih penghargaan terbaik pertama (PPD kategori kabupaten) yang dinilai di tingkat Nasional, dengan Kota Solok masuk dalam 10 besar penilaian tingkat Nasional.

Selain itu, Penghargaan Penurunan Kemiskinan Ekstrim 0% diberikan kepada Kota Solok, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kota Payakumbuh, Kota Sawahlunto, dan Kota Pariaman. Terakhir, penghargaan Pengarusutamaan Gender juga berhasil diraih oleh Kota Solok. (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update