Notification

×

Iklan

Meriahnya Festival Muaro, Memperkenalkan Sejarah dan Kebudayaan Kota Padang

Sabtu, 20 April 2024 | 08:00 WIB Last Updated 2024-04-20T02:07:56Z

Pengunjung memadati lokasi stand festival.

Padang, Rakyatterkini.com - Festival Muaro, sebuah acara besar yang diselenggarakan untuk menyambut wisatawan dan perantau, telah resmi dimulai dan berlangsung meriah. 

Acara ini difokuskan di kawasan Kota Tua dan Batang Arau, dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, bersama Wali Kota Padang Hendri Septa dan Wakil Wali Kota Ekos Albar.

Wali Kota Hendri Septa menyebutkan Festival Rakyat Tempo Doeloe menjadi semangat bagi generasi saat ini untuk mengenalkan potensi dan sejarah Kota Padang, terutama Sungai Batang Arau. 

Dia menekankan pentingnya menjaga kekayaan Sungai Batang Arau dan kawasan Muaro sebagai pusat perekonomian dan perdagangan pada masa Belanda, serta membangun kesadaran akan pentingnya mencintai sejarah.

Ketua Panitia, Edi Hasymi, mengungkapkan festival ini menampilkan banyak acara, termasuk fashion show jadul, karnaval budaya multi etnis, lomba menggambar, selaju sampan, urang Padang bagamad, penampilan band, peluncuran buku Batang Arau, pameran foto, UMKM, dan Ekraf. 

Dia juga mencatat peningkatan animo masyarakat, terutama dalam acara Selaju Sampan, yang menunjukkan minat yang tinggi dalam memeriahkan festival ini.

Pada acara tersebut, juga diberikan reward bagi peserta terbaik yang mengenakan pakaian jaman dulu. (ma/charlie)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update