Notification

×

Iklan

Progres Jalan Manggopoh-Padang Lua Lamban, Pengguna Jalan Mengeluh

Sabtu, 23 Maret 2024 | 23:45 WIB Last Updated 2024-03-23T16:45:00Z

Inilah bentuk jalan Manggopoh-Padang Lua.

Lubuk Basung, Rakyatterkini.com - Pengguna jalan provinsi ruas Manggopoh-Padang Lua sepanjang lebih kurang 69,6 KM, menyoroti keseriusan Pemkab Agam dan provinsi.

Setiap pengendara yang melewati ruas jalan itu, selalu mengeluh karena progres pelabaran jalan tersebut terkesan lamban.

Menyikapi keluhan warga itu, Bupati Agam, Andri Warman, menyebutkan ruas jalan Mangopoh-Padang Lua itu, menjadi prioritas.

Menurut bupati, pihaknya telah menyampaikan kepada Pemprov Sumbar, secara resmi dengan Surat Bupati Agam kepada Gubernur Sumatera Barat. 

Secara bertahap setiap tahun anggaran, pemeliharaan dan rekonstruksi ruas jalan Manggopoh - Padang Lua ini dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Ini sesuai dengan kewenangan yang dimiliki Pemprov terhadap jalan Manggopoh - Padang Lua yang berstatus jalan provinsi.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Agam, Ofrison didapat penjelasan Pemkab Agam selalu berkoordinasi dengan Pemerintahan Propinsi Sumatera Barat dalam penanganan jalan Manggopoh- Padang Lua

Untuk tahun 2024 ini Peningkatan dan pemeliharaan ruas jalan provinsi antara Manggopoh -Padang Lua sebagai berikut, rekonstruksi sebesar Rp14.145.000.000 bersumber dari dana DBH sawit 2023.

Pelebaran jalan sebesar Rp2.660.000.000 bersumber dari DAU Propinsi dan pemeliharaan rutin jalan kabupaten sebesar Rp5.008.566.535 bersumber dari DAU provinsi.  

"Penanganan ini masih jauh dari maksimal, namun kita memaklumi keterbatasan anggaran pemerintah, "ujar Ofrison.

Perencanaan diatas telah dilakukan oleh Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Barat, berupa pemeliharaan jalan di titik Padang Lua hingga Sungai Tanang sepanjang 1,2 km.

Renovasi jalan dari Matua ke Simpang Panta sepanjang 3,8 km. Sementara untuk pelebaran jalan dari Simpang Gudang - Kampuang Tangah juga akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. (vn)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update