Notification

×

Iklan

Pemeriksaan BPK RI, Kota Solok Siap Hadapi Ujian Ketat Pengelolaan Keuangan

Rabu, 24 Januari 2024 | 11:35 WIB Last Updated 2024-01-30T04:39:56Z

Wawako Solok, Ramadhani Kirama Putra, terima tim BPK RI.

Solok, Rakyatterkini.com - Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Barat telah memulai pemeriksaan interim atau audit pendahuluan terhadap laporan keuangan pemerintah Kota Solok. 

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan untuk mengaudit pengelolaan keuangan pada tahun sebelumnya.

Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, menerima tim audit BPK RI Perwakilan Sumbar di ruang rapat Balai Kota Solok, Rabu, 24 Januari 2024. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sekda Kota Solok, Inspektur Kota Solok, dan Kepala OPD lingkup Pemkot Solok.

Wakil Walikota Solok menyambut baik kedatangan tim BPK RI Perwakilan Sumbar dan menegaskan pemerintah Kota Solok akan menyediakan segala data dan informasi yang diperlukan selama pemeriksaan. 

Proses audit pendahuluan BPK RI ini dijadwalkan berlangsung selama 20 hari, dimulai sejak 23 Januari 2024.

Ramadhani menjelaskan pemeriksaan ini adalah tahap rutin sebelum Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) diserahkan kepada BPK. Pemeriksaan melibatkan berbagai aspek dalam penggunaan anggaran daerah.

Wakil Walikota Solok meminta seluruh OPD dan pihak terkait untuk menyediakan data dan informasi yang diperlukan oleh tim audit BPK RI. Pemeriksaan interim ini juga dianggap sebagai langkah persiapan dalam menyusun LKPD yang akan diserahkan kepada BPK RI.

Ramadhani menambahkan pemeriksaan oleh tim BPK RI mencakup keuangan dan kas daerah, aset tetap, belanja barang dan jasa, belanja hibah, bantuan sosial, belanja tak terduga, hingga posisi pekerjaan di akhir tahun 2023.

Wakil Walikota Solok berharap agar proses pemeriksaan interim berjalan lancar dan optimis bahwa Laporan Keuangan Kota Solok pada tahun 2023 dapat kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update