Notification

×

Iklan

Melalui Dana Desa, Pemdes Pasir Emas Kembangkan Usaha Ternak Sapi

Sabtu, 30 Desember 2023 | 15:14 WIB Last Updated 2023-12-30T08:14:16Z

Pengembangan sapi Pemdes Pasir Emas, Kuansing.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa Pasir Emas, Singingi, Kuansing mengembangkan usaha penggemukan sapi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Penggemukan sapi dari dana desa menjadi pilihan usaha di desa tersebut lantaran sebagian masyarakat memiliki pengetahuan budidaya ternak sapi secara turun temurun.

Sekdes Pasir Emas, Maisofar mengatakan melalui program ketahanan pangan 2023 ini pihaknya membuka usaha penggemukan 13 ekor sapi yang dikelola oleh kelompok peternak. 

Dengan sistem kelompok tersebut, kata Sekdes, tidak saja bisa mengarahkan peternak pada usaha positif tetapi juga memberikan peluang usaha yang menguntungkan.

"Usaha ternak sapi ini salah satu peluang usaha yang menjanjikan jangka panjang. Selain untuk kebutuhan kurban juga kebutuhan pasar daging sapi," kata Maisofar, Jumat (29/12/2023).

"Sekarang ada 13 ekor sapi yang dikelola oleh 5 orang kelompok peternak. Nanti tiba waktunya sapi dijual dan dibelikan ke bibit sapi lagi untuk dilanjutkan dipelihara," katanya lagi. 

Ia berharap agar usaha perternakan sapi ini terus berkembang sehingga nantinya Pasir Emas dapat menjadi sentra sapi potong. Pemerintah desa terus akan mendukung kebutuhan kelompok peternak di desa tersebut.

"Untuk meningkatkan ekonomi petani dan peternak di desa ini, melalui dana desa kita terus berupaya memenuhi kebutuhan mereka," ungkapnya. (hen)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update