Notification

×

Iklan

IKA SMAN 1 Sungai Limau Bantu Siswa Kurang Mampu untuk Pendaftaran Ulang di PTN

Selasa, 23 Mei 2023 | 15:30 WIB Last Updated 2023-06-22T02:30:26Z

IKA SMAN 1 Sungai Limau bersama penerima bantuan.

Pdg.Pariaman, Rakyatterkini.com – Setelah dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) peserta diharuskan untuk melakukan pendaftaran ulang di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang di tuju. 

Tidak melakukan pendaftaran ulang setelah lolos SNPMTN akan berdampak pada siswa dan sekolah asalnya. Bagi siswa tentu tidak bisa mengikuti UTBK-SBMPTN, sementara bagi sekolah asal bisa di-blacklist oleh perguruan tinggi.

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMA N 1 Sungai Limau memberikan bantuan kepada siswa kurang mampu guna melakukan pendaftaran ulang di PTN. Diketahui, 1 siswa dan 4 siswi dari 100 siswa-siwi yang lulus di PTN pada tahun 2023 itu, terkendala dengan uang pendaftaran ulang.

Perwakilan IKA SMA N 1 Sungai Limau Nur Avila Amir yang memebrikan dana secara simbolis menyebutkan, IKA SMA tersebut menggalang dana dari donatur, dana yang berhasil dikumpulkan sebesar Rp 13 juta. Dari dana tersebut, telah diserahkan kepada pihak sekolah dan diterima langsung oleh siswa-siswi yang lulus di PTN.  
   
“Donatur dari Ikatan Keluarga Pelajar Sungai Limau (IKAPS) sebesar Rp. 2,5 juta kepada M. Nashuha yang lulus di Politeknik Negeri Bengkalis, telah diserahkan beberapa hari lalu,” sebut Nur Avila Amir, Selasa (23/5/2023) di SMA N 1 Sungai limau.

Kemudian Ikatan Keluarga Alumni sekolah itu, menyerahkan bantuan kepada Wulandari lulus di UNP jurusan Biologi sebesar Rp 2.250.000, kepada Rahmadhila Rp 1.250.000 lulus di PTN UNAND jurusan Ilmu Tanah.

Lalu, kepada Ranes Priti juli, siswi yang lulus di Politeknik Padang di bantu sebesar Rp 5 juta, dan Nesha Putri Masdhila di PTN yang sama dibantu sebesar Rp 2 juta.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Alumni SMA N 1 Sungai Limau, Dewiwarman menyebutkan, betapa pentingnya alumni sekolah itu yang peduli kepada siswa-siswi kurang mampu di sekolah itu.

Menurutnya, bahwa bantuan tersebut adalah wujud konkrit keprehatinan alumni pada keluarga siswa-siswi yang berpenghasilan kecil tetapi berkeinginan menyekolahkan anak-anaknya sampai jejng perguruan tinggi.

Sementara Rahmadhila dan orang tua mewakili siswa-siswi yang dibantu Alumni itu merasa terharu dan menyampaikan terimaksih kepada IKA SMA itu yang telah dapat meringankan beban biaya yang mereka hadapi guna melanjutkan ke perguruan tinggi negeri.

Kepala Sekolah SMA N 1 Sungai Limau Oyong Aziz menyampaikan terimakasih kepada IKA SMA itu yang telah memberikan bantuan kepada siswa-siswi kurang mampu yang lulus di PTN.

Ia berharap, apa yang telah dilakukan Alumni itu alangkah baiknya pihak sekolah dan alumni saling berkelanjutan dalam permasalahan yang ada pada siswa-siswi maupun sekolah itu.

Kepada siswa-siswi yang telah dibantu Alumni itu, dirinya berpesan agar lebih giat dan rajin dalam menuntut ilmu di PTN yang telah dituju itu. 

“Alumni sekolah bisa membantu untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi, sedangkan ke suksesan siswa-siswi adalah tergantung dari masing-masing siswa-siswi itu sendiri, dalam menuntut ilmu” tutupnya. (suger)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update