Notification

×

Iklan

Rekrutmen BUMN 2023 Terima Lulusan SMA/SMK Loh! Ini Kata Staf Khusus Menteri BUMN

Rabu, 10 Mei 2023 | 23:17 WIB Last Updated 2023-05-10T16:17:32Z

Ilustrasi.

Jakarta, Rakyatterkini.com - Pendaftaran rekrutmen BUMN 2023 akan mulai dibuka pada Kamis 11 Mei 2023. 

Ini adalah kesempatan bagi lulusan sarjana, pascasarjana, dan bahkan dapat diikuti oleh Diploma (D1, D2, D3, D4) hingga SMA/SMK sederajat.

Kabar gembira untuk lulusan SMA/SMK sederajat karena dapat mengikuti rekrutmen BUMN 2023. Demikian disampaikan Staf Khusus Mentri BUMN, Arya Sinulingga.

Di Kementerian BUMN Jakarta Senin lalu (8/5) Arya Sinulingga mengatakan: “Iya, dan itu ada yang SMA ada, kuliah S1 juga ada, D1, D2, D3, D4 atau S1, kemudian S2 juga bisa, kemudian pro hire juga bisa. Itu pro hire itu yang dia punya pengalaman kerja 5 tahun, itu bisa juga,” seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia.

Arya mengungkap, ada lebih dari 500 jenis pekerjaan yang dibuka pendaftarannya dan lebih dari 2000 posisi yang dapat diambil.

Ia menerangkan, pihaknya juga mempersiapkan risiko kecurangan yang terjadi. Pada tahun lalu, terdapat kecurangan yang dilakukan oknum tertentu dalam perekrutan.

Kecurangan pada tahun lalu, sambung Arya, sebetulnya dapat diketahui pihaknya. “Memang kecurangan ada di luar tapi kan kita tau siapa yang main. Kami tahu siapa yang punya kita bisa mengetahuinya,” ungkapnya.

“Tahun ini bisa saja ada kecurangan tapi kami bisa antisipasi. Mudah-mudahan bisa diantisipasi,” lanjutnya lagi.

Arya menerangkan, rekrutmen ini dilakukan dengan standar yang sama di BUMN mana pun. “Mau rekrut di mana, sama ujiannya. Dulu kan beda-beda BUMN 1, 2, 3. Sekarang sama,” ujarnya.

“Mau Pertamina kek, mau di BUMN karya-karya, pasti sama standartnya. Ujian (masing-masing BUMN) ada. (seleksi bumn) di tengah-tengah. Itu udah diujung. Ada akhlak, Bahasa Inggris, terus ada ujian di masing-masing BUMN sesuai kebutuhan masing-masing,” pungkasnya.

Pada Rekrutmen Bersama BUMN 2023, peserta yang lolos akan mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Akhlak dengan pembobotan masing-masing 40% dan 60%. Tes berikutnya adalah bahasa Inggris.

Berkas/dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Berikut adalah berkas wajib yang dapat dipersiapkan sebelum melakukan registrasi online dalam Rekrumen Bersama BUMN 2023:

Foto Diri.
KTP.
Ijazah atau Surat Keterangan Lulus.
Transkrip Nilai.
Selain berkas wajib di atas, ada juga beberapa berkas tambahan yang dapat turut disertakan pada registrasi online seperti:

SKCK,
Sertifikat Pelatihan,
Sertifikat Bahasa Inggris,
Surat Rekomendasi.
Bila ada dokumen yang lebih dari satu, misalnya seperti ijazah untuk dua pendidikan, wajib untuk disatukan menjadi satu file dokumen. Dokumen ini nantinya akan digunakan dalam registrasi online yang dapat diakses melalui website https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id untuk melalui seleksi Administrasi.

Informasi terkait lowongan kerja BUMN yang dibuka hingga syarat daftar dan tata cara pendaftaran bisa diakses langsung di situs resmi FHCI dan Kementerian BUMN. (*)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update