Notification

×

Iklan

Rakor TPID Kab.Solok, Triwulan I Terjadi Fluktuasi Harga Komoditi

Selasa, 16 Mei 2023 | 09:21 WIB Last Updated 2023-05-16T02:21:38Z

TPID Kab.Solok Vicom dengan Kemendagri RI.

Solok, Rakyatterkini.com - Kabupaten Solok pada triwulan I, Januari-Maret 2023 terjadi fluktuasi harga terhadap komoditi cabai merah dan bawang merah.

Ini disebabkan karena produksi kedua komoditi tersebut sangat rendah yang dipengaruhi oleh curah hujan yang cukup tinggi di bulan November dan Desember 2022 sehingga terjadinya gagal panen.

Untuk kenaikan pada Maret terjadi pada komoditi gula pasir, bawang merah, telur ayam ras, minyak goreng dan tepung terigu. Ini disebabkan peningkatan kebutuhan masyarakat menghadapi bulan suci Ramadhan

Itu mengemuka ketika Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Solok, secara virtual yang diselenggarkan oleh Kemendagri bersama beberapa jajaran kementerian terkait serta seluruh gubernur, bupati dan walikota seluruh Indonesia, Senin 15 Mei 2023.

Kementerian Perdagangan menyampaikan perkembangan harga H+6 Lebaran, harga kebutuhan pokok periode Ramadhan dan Lebaran 1444H/2023 relatif stabil bahkan mengalami penurunan, hanya beberapa komoditas tertentu seperti daging sapi dan daging ayam mencatat kenaikan mengulang tren pada tahun-tahun sebelumnya

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan pangan salah satu penyumbang terbesar inflasi, di samping transportasi darat dan udara.

Tito mengapresiasi pemerintah daerah yang terus konsisten untuk mengevaluasi serta mengantisipasi agar inflasi Indonesia tetap terkendali yakni di angka 4,33 persen.

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Badan Pusat Statistik Pudji Ismartini dalam paparannya menyampaikan pada minggu kedua Mei 2023, ada 10 kabupaten/kota dengan Indeks Perkembangan Harga (IPH) tertinggi di Luar Pulau Jawa, salah satunya adalah Kabupaten Barito Selatan yang berada di posisi lima IPH tertinggi. 

“Komoditas andil terbesar inflasi di Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah adalah beras, daging ayam ras, dan bawang merah,"tutupnya. (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update