Notification

×

Iklan

Pesona Sala Baraia Tampilkan Masakan Khas Kebanggaan Masyarakat

Minggu, 07 Mei 2023 | 07:11 WIB Last Updated 2023-05-07T00:11:50Z

Masakan khas Tanah Datar.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Pesona Sala Baraia merupakan salah satu rangkaian program unggulan satu nagari satu event Kabupaten Tanah Datar. 

Kegiatan ini dihelat pada 6 sampai 8 Mei 2023 di Nagari Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Sabtu (6/5/2023) di kawasan wisata Pado Park.

Ketua KAN Malalo, Bukhari Dt. Lelo Marajo mengungkapkan, Sala Baraia terdiri dua suku kata yakni Sala berarti goreng dan Baraia berarti air. 

Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas yang biasanya dihidangkan masyarakat Nagari Padang Laweh Malalo diakhir pekan mulai hari Jumat sampai hari pasar pada Selasa.

Bukhari mengungkapkan, untuk memasak makanan khas tersebut para kaum ibu hanya menambahkan satu sendok minyak goreng, garam dan lauk pauk seadanya kepada sambal goreng yang telah di masak beberapa hari sebelumnya yang kemudian di masak lagi dengan mencampurnya dengan air. 

Bupati Eka Putra sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Nagari Padang Laweh Malalo yang telah mengangkat Pesona Sala Baraia untuk mendukung program unggulan satu nagari satu event.

Bupati Eka mengatakan, Batipuh Selatan khususnya Nagari Padang Laweh Malalo banyak potensi wisata yang luar biasa dengan keindahan alam, buah-buahan dan satu lagi makanan khas seperti sala baraia ini. 

“Berbagai potensi telah terbukti dengan banyaknya bermunculan destinasi wisata, seperti Tan Kayo, Tan Basa dan Payo Park yang banyak dikunjungi wisatawan dari Provinsi Jambi, Riau bahkan ada dari Pulau Jawa,” ungkapnya.

Bupati menambahkan, berdasarkan laporan dari dinas terkait, di Kecamatan Batipuh Selatan sudah terdapat 27 destinasi wisata yang terdiri dari wisata alam, religi dan kuliner yang mampu memberikan multiplier effect. 

“Berbagai destinasi yang ada ini telah mampu memberikan berbagai dampak kepada masyarakat, seperti peningkatan UMKM sampai dengan keterbukaan lapangan tenaga kerja, seperti di Eco Park Tan Kayo sudah menampung 55 orang tenaga kerja dan di Nagari ini sudah tersebar 25 toko kuliner hasil UMKM,” ungkapnya.

Pesona Sala Baraia diwarnai dengan arakan 100 jamba, pentas seni anak nagari, pesona sala baraia, Expo UMKM, makan bajamba, jalan sehat, lomba baju kuruang basiba, parade biduak hias, lomba fotografi. (farid)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update