Notification

×

Iklan

Peringatan Hardiknas, Harkitnas dan Penyambutan Latsitardanus, Ini Harapan Walikota Solok

Sabtu, 20 Mei 2023 | 22:15 WIB Last Updated 2023-05-20T15:15:02Z

Walikota Peringatan Hardiknas, Harkitnas di Kota Solok.

Solok, Rakyatterkini.com - Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Hari Kebangkitan Nasional serta Penyambutan Latsitardanus XLIII Tahun 2023, Pemko Solok melaksanakan upacara dengan inspektur upacara Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar.

Selain upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Hari Kebangkitan Nasional, juga digelar Penyambutan Latsitardanus XLIII Tahun 2023, di Lapangan Merdeka Kota Solok, Sabtu 20 Mei 2023.

Kegiatan dihadiri Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solok, kepala OPD, Kabag, Camat lingkup Pemko Solok.

Penerimaan Latsitardanus ditandai dengan pemakaian syal Batik Kota Solok oleh Walikota Solok, Wakil Walikota Solok dan forkopimpda Kota Solok, yang dimeriahkan dengan penampilan Randai Massal dibawakan murid SMP se-Kota Solok dan Tari Massal yang dibawakan murid TK se-Kota Solok dengan jumlah lebih dari 1000 peserta.

Walikota Solok, Zul Elfian Umar, mengatakan sebanyak 24 episode merdeka belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. 

Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Selanjutnya para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar, dan juga guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.

Selain itu, mekanisme dana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan.

Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil.

Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan Merdeka Belajar.

Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.
Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa dengan semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa. (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update