Notification

×

Iklan

Bupati Tanah Datar Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD Terkait Tiga Ranperda

Kamis, 25 Mei 2023 | 20:22 WIB Last Updated 2023-05-25T13:22:35Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, pada sidang paripurna DPRD.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Datar kembali gelar rapat paripurna mendengarkan jawaban bupati atas pandangan Umum fraksi terhadap tiga Ranperda, Kamis (25/5/2023). 

Sidang dipimpin wakil ketua Saidani, didampingi Anton Yondra dan 19 anggota DPRD, dihadiri Forkopimda, sekda, staf ahli, asisten, kepala OPD, camat, wali nagari se-Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra menjawab pertanyaan, pernyataan, tanggapan, dan saran yang disampaikan 8 Fraksi DPRD Tanah Datar sehari sebelumnya terhadap 3 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), yakni Ranperda Tentang Penanggulangan Bencana, Ranperda Tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK)  Tahun 2023 -2043 dan Ranperda Tentang Pencegahan Dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh.

Dijelaskan Eka, Perda tentang Penanggulangan Bencana diharapkan mampu meningkatkan kesiapsiagaan Pemerintah Daerah bersama stakeholder terkait, sehingga meminimalisir resiko yang ditimbulkan. 

Sedangan untuk infrastruktur jalan sebagai penunjang Ranperda RPIK, Bupati Eka Putra mengatakan, Pemerintah Daerah telah melakukan berbagai upaya, khusus untuk jalan tanggungjawab Kabupaten secara bertahap telah banyak yang perbaiki dan ditingkatkan kualitasnya. 

"Panjang jalan di wilayah Tanah Datar adalah 1.503,22 KM, kondisi tidak mantap ada sepanjang 333,37 KM dan sebagian besar merupakan jalan Provinsi," ungkapnya. 

Untuk jalan kewenangan kabupaten, kata dia, pemerintah daerah terus melakukan pemeliharaan rutin jalan untuk mempertahankan dan memelihara kondisi jalan dengan memanfaatkan dana yang tersedia serta mengupayakan adanya sumber dana lain. 

Terhadap Ranperda Tentang Pencegahan Dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh, Bupati mengungkapkan, berdasarkan identifikasi terdapat 319,96 HA di 46 lokasi yang tersebar di 14 kecamatan. (farid)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update