Notification

×

Iklan

Gubernur Mahyeldi Sebutkan Peran APIP dalam Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih

Kamis, 25 Mei 2023 | 21:16 WIB Last Updated 2023-05-25T14:16:38Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, berbincang dengan Komjen Pol. Ahmad Dofiri.

Bukittinggi, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, berikan pencerahan pada pembukaan pelatihan peningkatan kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) di lingkungan Polda Sumbar, di Istana Bung Hatta, Bukittinggi, Kamis (25/5/2023).

Mahyeldi menyampaikan peningkatan kapabilitas APIP pada instansi/lembaga pemerintahan merupakan sebuah keharusan, sebagai pengawas internal mereka memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap jalannya operasional tugas pada sebuah instansi/lembaga pemerintahan.

“APIP itu merupakan pengawas internal pada sebuah lembaga pemerintahan, tugasnya melakukan pembinaan dan pengawasan. Oleh sebab itu, pemahaman dan kapabilitasnya harus lebih baik dibanding pelaksana kegiatan,” ujar Gubernur Mahyeldi.

Dewasa ini tuntutan masyarakat akan kinerja sebuah lembaga pemerintahan menjadi sangat tinggi, pemerintah dituntut untuk selalu bisa bekerja baik, mulai dari tata kelola yang bersih, adil, transparan, pola komunikasi hingga kepada capaian kinerja.

“Berbagai tuntutan masyarakat akan kinerja instansi pemerintahan, harus kita sikapi secara positif, APIP memiliki peran strategis untuk memastikan hal tersebut,” sebut Gubernur Mahyeldi.

Mahyeldi mengapresiasi apa yang telah digagas oleh Irwasda Polda Sumbar berserta jajaran dengan menginisiasi pelaksanaan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapabilitas APIP dilingkungan Polda Sumbar. 

Sementara itu, Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri berpesan kepada seluruh peserta pelatihan agar senantiasa memahami tugas dan kewenangannya dengan baik serta menjamin penyelenggaraan pemerintahan telah berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

Ia menyebut, kapabilitas APIP perlu terus ditingkatkan, kapasitas dan kompetensi mereka harus terus diasah termasuk dari sisi pengetahuan dan integritas agar kedepannya menjadi lebih baik.

"Integritas itu mahal. Tanpa itu, semua menjadi tidak berarti. Itu makanya penting untuk dilatih dan diterapkan dalam diri seorang APIP untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik," tegasnya. (adpsb)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update