Notification

×

Iklan

Angkat Inovasi Pengolahan Dodol, Diskoperindag Gelar Pelatihan

Rabu, 10 Mei 2023 | 13:30 WIB Last Updated 2023-05-10T06:30:30Z

Ketua Dekranasda Kab Solok bersama Kadiskoperindag dan peserta pelatihan.

Solok, Rakyatterkini.com - Meningkatkan ekonomi melalui pemberdayaan potensi UMKM, Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan menggelar pelatihan pengolahan dodol di Nagari Sungai Nanam, Selasa 9 Mei 2023.

Kadis Koperindag, Gusta Tusri mengatakan pelatihan ini didasari oleh potensi SDA dan SDM yang dimiliki oleh Nagari Sungai Nanam, dengan beragam umbi-umbian seperti kentang dan ubi jalar, kemudian buah-buahan seperti stroberi, terong pirus dan lainnya.

Ketika terjadinya produksi buah dan sayur yang melimpah, sepertinya kondisi ini belum termanfaatkan secara maksimal, tentu berakibat kurang termanfaatkannya kondisi ini dengan baik serta bahkan sampai terbuang.

Dinas Koperindag Kabupaten Solok, berinisiatif memberikan pengolahan lebih lanjut terhadap potensi itu yang nantinya akan diolah oleh ibu-ibu dari Bundo Kanduang Nagari Sungai Nanam.

Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari ke depan, mulai dari 9 s/d  11 Mei 2023 dan akan diberikan materi terkait dengan inovasi pengolahan dodol, dari SMK 1 Lembah Gumanti, dengan jurusan tata boga.

Peserta diberikan materi, kreasi dan inovasi pengolahan dodol, packaging produk, pemasaran produk yang nantinya akan disampaikan oleh narasumber dari Dinas Koperindag, SMK 1 Lembah Gumanti jurusan Tata Boga, dan PT Aqua.

Wali Nagari Sungai Nanam juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Koperindag Kabupaten Solok yang telah mengalokasikan kegiatan ke Nagari Sungai Nanam untuk pemberdayaan Bundo Kanduang yang ada di Nagari Sungai Nanam dengan harapan akan tercipta industri-industri baru,"tutur Wali Nagari.

Kemudian Wali Nagari mengungkapkan dengan adanya pelatihan seperti ini, potensi-potensi yang ada di Nagari Sungai Nanam dapat membuka lapangan pekerjaan baru sehingga perekonomian bisa lebih baik seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan membawa dampak positif kedepannya."ungkap Wali Nagari.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kab. Solok, Ibu Emiko Epyardi Asda mengatakan bahwa juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan sekaligus untuk membuka secara resmi pelatihan tersebut,"ungkap Emiko.

Menurut Emiko pelatihan dodol ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta selama tiga hari dengan harapan akan muncul wirausaha-wirausaha baru yang akan meningkatkan gairah IKM kita yang ada di Nagari Sungai Nanam, untuk itu Emiko berharap pelatihan ini akan tercapai mutu dan tampilan yang lebih menarik, baik dari segi rasa maupun dari segi kemasan,"terang Ketua Dekranasda Kab Solok.

Untuk itu  kami  juga berharap produk tersebut akan diminati oleh masyarakan Nagari Sungai Nanam sendiri, maupun masyarakat yang berkunjung untuk wisata ke Nagari Sungai Nanam,"harap Emiko.

Selain itu kata Emiko mutu yang kita tingkatkan,  juga terdapat inovasi yang akan muncul di tengah usaha nanti, dimana saat ini baru dua bahan baku kentang dan labu, nanti setelah maju dan berkembang, nanti ada inovasi dari ibu-ibu menggunakan bahan lain yang berasal dari pertanian di daerah kita ini, seperti terong pirus, tomat, dan lainnya,"katanya.

Diakhir Ketua Dekranasda Kab Solok itu berharap nantinya IKM ini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat Nagari sungai nanam khususnya, dan kabupaten solok pada umumnya."tutup Emiko Epyardi Asda. (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update