Notification

×

Iklan

Salat Idul Fitri Pagi Tadi di Sawahlunto, Lapangan Segitiga Dipenuhi Jamaah

Jumat, 21 April 2023 | 11:31 WIB Last Updated 2023-04-21T04:31:48Z

Jamaah Salat Idul Fitri 1444 H di Lapangan Segitiga Ombilin, Sawahlunto.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Sawahlunto menggelar salat Idul Fitri 1444 H di lapangan Segitiga Ombilin setempat, Jumat 21 April 2023.

Bertindak sebagai khatib Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sawahlunto, Fadlih Riefenta dan imam Adrimas, ketua umum PD Muhammadiyah Sawahlunto.

Adrimas mengatakan meski terjadi perbedaan dalam penetapan 1 syawal 1444 H, harusnya menjadi kekuatan bersama untuk senantiasa merawat dan menjaga persatuan dan kesatuan umat serta bangsa ini.

"Meskipun terdapat perbedaan perayaan hari raya Idul Fitri 2023 antara pemerintah dan PP Muhammadiyah, tidak boleh mengurangi arti ataupun makna dari pelaksanaan Idul Fitri itu sendiri," katanya.

Sebelumnya, PP Muhammadiyah menyatakan hari raya lebaran 2023.M/1444.H jatuh pada Jumat, 21 April 2023, sesuai dengan maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0E/2023 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1444 H.

Ketua Panitia Pelaksana Sholat Id, Andrio AN menambahkan, untuk pelaksanaan salat Idul Fitri ini juga di fasilitasi oleh pemerintah daerah dan PT BA UPO.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya sholat Id ini. Kepada pemerintah kota, pihak keamanan Polres Sawahlunto, teristimewa kepada GM PTBA UPO yang berkenan memfasilitasi tempat dan kelengkapan lainnya, serta seluruh jemaah yang hadir,” ujarnya.

Sementara Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang ikut melaksanakan salat Id hari ini menyebutkan, perbedaan penetapan lebaran kali ini jangan dijadikan permasalahan. Berbeda itu indah jika sama sama menjunjung tinggi toleransi.

“Meski kita sudah lebaran hari ini, kami juga mengimbau kepada masyarakat yang sudah tidak berpuasa agar tidak menampakkan secara vulgar, guna menghargai saudara kita yang masih berpuasa,” katanya. (ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update