Notification

×

Iklan

DPRD Padang Adakan Pemilihan Wawako, Ekos Albar Menang Telak atas Hendri Susanto

Rabu, 05 April 2023 | 17:51 WIB Last Updated 2023-04-06T06:29:07Z

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani, memperlihatkan surat suara pemilihan.

Padang, Rakyatterkini.com - Pemilihan wakil walikota Padang di gedung bundar DPRD berlangsung lancar, Rabu (5/4/2023). Dua kandidat Ekos Albar (PAN) dan Hendri Susanto (PKS).

Dalam pemilihan Ekos Albar, unggul telak dari Hendri Susanto. Ekos Albar meraih 36 suara. Sedangkan Hendri Susanto hanya meraup sembilan suara.

Dalam pemilihan itu, ruang sidang utama DPRD penuh sesak hingga ke tangga, bahkan banyak tamu undangan yang duduk di lantai dasar gedung bundar, Jalan Sawahan itu.

Disaat pemilihan dimulai, Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani menjadi orang pertama yang melakukan pemilihan.

Sebelumnya, Syafrial Kani, sempat menskor pemilihan, karena waktu Ashar akan masuk. "Mengingat waktu Salat Ashar akan masuk, apo setuju pemilihan kita tunda selama 25 menit, "ujar Syafrial Kani.

Perolehan suara pemilihan wakil walikota Padang.

Dijawab serentak oleh anggota dewan, setuju. Setelah Salat Ashar, pemilihan langsung dimulai.

Syafrial Kani menjadi orang pertama yang melakukan pemilihan, yang dimulai sekitar pukul 16.20 WIB dengan cara mencoblos surat suara pada bilik suara yang telah disediakan.

Kotak suara sudah dipastikan kosong, begitu juga bilik suara dipastikan aman. Saksi dari PAN Faisal Nasir, sementara saksi PKS Andi Wijaya Kusuma.

Ketua pantia pemilihan, Mastilizal Aye, mengatakan sudah dipastikan semua surat suara kondisinya aman.

Usai Syafrial Kani, pencoblosan dilanjutkan oleh wakil ketua Arnedi Yarmen, kemudian Amril Amin.

Selanjutnya pencoplosan dilakukan oleh panitia pemilihan yang diawali dengan Mastilizal Aye, kemudian anggota DPRD Padang lainnya.

Pemilihan wawako Padang itu, dihadiri Sekdako, Andre Algamar, Sekwan, Hendrizal Azhar, Forkopimda, kepala OPD serta undangan lainnya.

Wakil walikota terpilih, Ekos Albar, bersama Hendri Susanto, disaat pemilihan.

Ketua DPRD Syafrial Kani, berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada panitia pemilihan yang telah bekerja keras melaksanakan semua tahapan pemilihan.

Dikatakan, DPRD akan menyiapkan hal-hal administratif untuk pelantikan wakil walikota. Berkas-berkas administratif akan diusulkan untuk segera dibuatkan surat keputusan (SK) oleh Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sumatera Barat.

”Kita harapkan SK pelantikan segera keluar dan pelantikan wakil wali kota untuk sisa masa jabatan 2019-2024 ini dapat dilakukan Gubernur Sumbar sesegera mungkin,” harap Syafrial.

Ekos Albar pada wartawan mengaku siap mendukung penuh walikota dalam menjalankan sisa masa jabatannya.

"Saya akan berjuang membantu pak wali dan pemko untuk mewujudkan visi dan misi kota serta 11 program unggulan bagi masyarakat. Untuk mewujudkan itu semua juga tidak terlepas dari dukungan legislatif tentunya," ujarnya. (adv)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update