Notification

×

Iklan

Tanah Datar Canangkan Imunisasi Polio

Rabu, 08 Maret 2023 | 08:01 WIB Last Updated 2023-03-08T01:01:10Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, teteskan imunisasi polio pada balita.

Tanah Datar, Rakyattterkini.com - Menindaklanjuti program pemerintah dalam mencegah penyakit polio, Pemerintah Daerah Tanah Datar mendukung dengan mencanangkan Crash Program Imunisasi Polio, di Nagari Balai Tangah, Kecamatan Lintau Buo Utara, Selasa (7/3/2023).

Pencanangan tersebut ditandai dengan penetesan obat polio kepada balita oleh Bupati Eka Putra, didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Veri Winora, Camat lintau Buo Utara Arif Gani, Kepala UPT Puskesmas lintau Buo Utara 1 dan Wali Nagari Balai tangah.

Bupati mengatakan telah terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio yang di Provinsi Aceh  dengan jumlah 3 kasus, dan ini telah menjadi perhatian semua pihak termasuk dunia. 

Berdasarkan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Komite Ahli Nasional Surveilans PD31 merekomendasikan Sumatera Barat (Sumbar) dan dua provinsi lainnya di Sumatera, untuk  melaksanakan Crash Program Polio.

Diharapkan kepada seluruh Camat, dan wali nagari untuk fokus memantau anak-anak di wilayah masing-masing yang belum di imunisasi karena ini sejalan dengan program pemerintah yaitu menciptakan masyarakatnya untuk sehat.

Sementa itu, Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Utara 1 dr. Yogi Fernando sampaikan kegiatan hari ini adalah perintah dari Kementerian Kesehatan. Yang mana di provinsi Aceh sudah terjadi 3 kasus terjangkit virus polio pada balita dan bayi, dengan kejadian tersebut WHO menetapkan sebagai kejadian KLB.

Untuk itu, 3 Propinsi tetangga yaitu Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau dan Provinsi Sumbar dihimbau untuk melaksanakan imunisasi melalui program Crash imunisasi polio yang dilaksanakan dari tanggal 6-12 maret 2023 secara serentak. (farid)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update