Notification

×

Iklan

Penuhi Hak Anak, Pemkab Way Kanan Adakan Pelatihan PATBM

Kamis, 02 Maret 2023 | 19:09 WIB Last Updated 2023-03-02T12:09:51Z

Pelatihan perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat.

Way Kanan, Rakyatterkini.com - Pelatihan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) 2023, dihadiri Sekda Way Kanan, Saipul, Kamis (2/3/2023), dengan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung.

Sekda mengatakan pelatihan dan penguatan kader PATBM merupakan bentuk upaya Pemkab Way Kanan dalam mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan anak.

PATBM merupakan gerakan perlindungan anak dari jaringan atau kelompok awarga pada tingkat amsyarakat di Kampung atau Kelurahan. 

Kader PATBM bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak dan menumbuhan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya pencegahan dengan kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan perilaku yang memberikan perlindungan kepada anak.

Dikatakan, kekerasan terhadap anak telah memberikan dampak negatif dan luas, tidak hanya terhadap korban, tetapi juga berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak dalam kehidupan satu keluarga. 

Mengingat kekerasan terhadap anak seringkali terjadi di lingkungan rumah tangga, lingkungan publik atau di suatu komunitas.

Kegiatan ini adalah untuk memberdayakan persoalan anak yang ada di masyarakat secara mandiri. Dengan tujuan membangun sistem pada tingkat komunitas dan keluarga untuk pengasuhan yang amanm mencegah kekerasan dan meningkatkan keterampilan hidup dan ketahanan diri anak dalam mencegah kekerasan.

Peserta pelatihan dan penguatan kader PATBM sebanyak 72 orang terdiri dari kader PATB, dan guru PAUD/TK dari Kecamatan Blambangan Umpu dari Kampung Karang Umpu, Kampung Umpu Kencana dan Kampung Gunung Sangkaran. 

Kecamatan Umpu Semenguk dari Kampung Negeri Batin, Kampung Gistang, Kampung Bumi Ratu dan Kampung Sidoarjo. Kecamatan Baradatu dari Kampung Gunung Katun, Kampung Cugah dan Kampung Tiuh Balak. Kecamatan Way Tuba dari Kampung Way Tuba, Kampung Ramsai dan Kampung Bandar Sari. 

Kecamatan Negeri Agung dari Kampung Negeri Agung, Kampung Bandar Dalam dan Kampung Kalipapan. Tim Penggerak PKK Kabupaten, HIMPAUDI, GIPTKI dan Forum Anak Daerah Kabupaten Way Kanan. (*/esap)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update