Notification

×

Iklan

Pemkab Pessel Alokasikan Rp38 Miliar untuk Pengobatan Gratis

Senin, 27 Maret 2023 | 22:07 WIB Last Updated 2023-03-27T15:07:10Z

SAFARI RAMADHAN - Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, saat safari ramadhan.

Painan, Rakyatterkini.com – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengatakan pengobatan gratis dialokasikan melalui APBD sebesar Rp38 Miliar, dibayarkan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bagi yang telah terdaftar pada dinas sosial setempat.

"Tahun ini Pemkab Pessel telah mengalokasikanya Rp38 Miliar untuk pengobatan gratis bagi masyarakat kita yang tidak mampu. Ini berasal dari APBD kita," kata Rusma Yul Anwar saat melaksanakan Safari Ramadhan Khusus di Masjid Nurul Huda Gaduang, Kenagarian Aur Begalung, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (27/3/2023).

Bupati menyebutkan dimana pengobatan gratis di tahun sebelumnya banyak masyarakat daerahnya yang tidak mengetahui bahwa pemerintah mengalokasikan Rp5,3 Miliar dana bagi pasien bermasalah di RSUD M. Zein Painan. 

Dana pasien bermasalah adalah subsidi pemerintah kabupaten pada rumah sakit untuk masyarakat yang terkendala biaya berobat karena belum memiliki jaminan kesehatan, khususnya bagi masyarakat kurang mampu.

Sehingga tahun ini, pemerintah kabupaten merubah pola tersebut supaya masyarakat bisa berobat secara gratis yang dibayar melalui Badan Penyelengara Jaminan Kesehatan yang terdaftar pada Dinas Sosial dengan menggunakan kartu BPJS Pemda Pesisir Selatan.

Ia mengungkapkan saat ini Pemerintah Kabupaten tidak bisa mendata secara keseluruhan bagi masyarakat yang tidak mampu karena terbatasnya jumlah petugas di daerahnya. Namun demikian pihaknya telah membentuk petugas Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). 

Dalam Safari Ramadan Khusus tersebut Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memberikan bantuan pada Masjid Nurul Huda Gaduang Rp20 juta rupiah. (baron)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update