Notification

×

Iklan

Pasukan Kuning, Kesatria Kebersihan Kota Solok, Ini Kata Wawako

Senin, 06 Maret 2023 | 13:49 WIB Last Updated 2023-03-06T07:01:16Z

Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, berikan penghargaan pada pasukan kuning.

Solok, Rakyatterkini.com - Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, pimpin apel gabungan dalam rangka menyambut Piala Adipura, Senin 6 Maret 2023.

Ramadhani Kirana Putra mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Solok yang telah ikut menjaga kebersihan.

Selain itu Wawako juga mengapresiasi serta penghargaan kepada setiap personel lapangan atau pasukan kuning, sebagai kesatria kebersihan yang telah berjuang dalam menjaga kebersihan lingkungan di Kota Solok.

Dikatakan, penilaian Adipura telah mengalami perkembangan,  yaitu dalam penilaian tidak hanya kebersihan dan keteduhan kota saja yang dinilai, namun ketersedian kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga, dan sampah sejenis sampah rumah tangga atau yang dikenal dengan Jakstrada juga dimasukan dalam kategori penilaian.

Selain itu laporan kinerja dan operasional fasilitas pengelolaan sampah di daerah juga masuk dalam kategori penilaian, dan kebijakan ini berlaku sejak tahun 2019 yang lalu, terang Ramadhani Kirana Putra.

Kota Solok telah berhasil melakukan kegiatan pengurangan sampah yang diangkut ke TPA sebesar 17% dari total timbulan sampah Kota Solok melalui pembinaan bank sampah, rumah kompos, rumah maggot, sektor informal dan komposting skala rumah tangga, ujar wawako.

Dimasa dua tahun kepemimpinan walikota dan wawako, Kota Solok berhasil membawa kembali Piala Adipura ke-10 kategori kota kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Selain meraih Adipura, Pemko Solok, diwakili SMP Negeri 5 Kota Solok juga meraih predikat Sekolah Adiwiyata Nasional. Yang mana SMP Negeri 5 telah berhasil menerapkan prinsip-prinsip gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di Sekolah sehingga berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. 

Sampai 2023, jumlah sekolah yang telah mencapai predikat sekolah adiwiyata adalah 24 sekolah dari 56 total sekolah negeri yang ada di Kota Solok. Ke depannya, semoga sekolah yang belum mendapat predikat sekolah Adiwiyata, juga termotivasi untuk menjadi Sekolah Adiwiyata, sebut Ramadhani.

Kota Solok juga telah menerima beberapa penghargaan lain seperti penghargaan sertifikasi bebas frambusia yang diserahkan Menteri Kesehatan RI kepada Walikota Solok, Zul Elfian Umar pada Selasa 21 Februari 2023 yang lalu.

Kemudian pada bulan Agustus Tahun 2022, Kota Solok juga menerima Anugerah Penghargaan Perlindungan Konsumen sebagai Daerah Tertib Ukur (DTU) yang diserahkan Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. 

Penghargaan DTU ini terakhir diterima oleh Kota Solok pada Tahun 2014. Alhamdulillah setelah 8 tahun menunggu, Kota Solok dapat kembali meraihnya. (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update