Notification

×

Iklan

6 Kecamatan di Solsel Dilanda Hujan Lebat

Minggu, 19 Maret 2023 | 20:01 WIB Last Updated 2023-03-19T13:01:55Z

Bupati Solok Selatan, Khairunas, serahkan bantuan.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Enam tujuh kecamatan di Kabupaten Solok Selatan, terdampak hujan deras, sejak Minggu (19/3/2023) dinihari. Kondisi paling parah terjadi di Kecamatan Sungai Pagu.

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan di Sungai Pagu tiga nagari yang mengalami dampak terparah yakni Nagari Pasar Muara Labuh, Koto Baru, dan Pulakek Koto Baru. 

Saat ini pemerintah kabupaten melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan telah terjun langsung untuk mengecek lokasi dan mengevakuasi warga.

Pemerintah mengimbau agar masyarakat tetap tenang, pemerintah berkomitmen akan segera menindaklanjuti kondisi saat ini. Bila perlu pemerintah akan mengarahkan evakuasi bagi masyarakat yang rumahnya masih belum bisa ditempati.

Khairunas juga memastikan masyarakat yang terdampak akan mendapatkan bantuan langsung dari pemerintah. Saat ini pemerintah sudah memberikan bantuan sembako dan makanan, sebanyak 1.800 bungkus makanan sudah dibagikan kepada masyarakat yang terdampak.

Ke depan, pemerintah kabupaten berkomitmen untuk menghindari terjadinya masalah tahunan ini.

Untuk diketahui, hujan berlangsung sejak dini hari dan  berlangsung hingga pagi hari di hampir seluruh wilayah Solok Selatan.

Menurut keterangan dari warga Kampung Terandam, Rahmad Fauzan, air mulai masuk ke rumah warga sekitar pukul 04.00-05.00 WIB dan terus naik hingga pagi ini.

"Di dalam rumah ketinggian air kira-kira sampai betis orang dewasa, sedangkan di luar rumah sampai sepaha orang dewasa," jelas Rahmad pagi ini. (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update