Notification

×

Iklan

Pemko Solok Gelar Konsultasi Publik RKPD 2024

Senin, 06 Februari 2023 | 20:27 WIB Last Updated 2023-02-06T13:29:16Z

Walikota Solok, Zul Elfian Umar,
 

Kota Solok, Rakyatterkini.com - Dalam Rangka pembahasan Rancangan Awal RKPD bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan, yang dikemas  dalam  bentuk Forum Konsultasi Publik  yang bertujuan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan RKPD Kota Solok Tahun 2024.


Kegiatan tersebut digelar Pemko Solok melalui Bappeda yang dibuka langsung oleh Walikota Solok, Zul Elfian Umar di Akmal Room Bappeda Kota Solok, Senin 6 Februari 2023.


Acara itu juga dihadiri Asisten III Sekdako Solok, Marwis, staf ahli walikota, LKAAM, KAN, Bundo Kanduang, seluruh kepala OPD di lingkup pemerintahan setempat serta undangan lainnya.


Dalam arahannya Walikota Solok mengatakan, RKPD Kota Solok Tahun 2024 merupakan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026. Dalam upaya pencapaian visi pembangunan jangka menengah Kota Solok yaitu "Terwujudnya Kota Solok yang diberkahi, maju dan sejahtera".


"Tema RKPD Kota Solok Tahun 2024 ini adalah pemantapan kualitas pelayanan dasar, pengembangan ekonomi kerakyatan peningkatan infrastruktur kota," tutur Zul Elfian Umar.


Dijelaskan, sejalan dengan sasaran pokok RPJPD dan isu strategis dalam RPJMD, prioritas pembangunan Kota Solok tahun 2024 adalah optimalisasi peran dan fungsi rumah ibadah untuk pemberdayaan umat beragama. Setelah itu, optimalisasi revitalisasi dan penataan kawasan pasar, serta peningkatan daya saing produk usaha mikro.


Selanjutnya, pengembangan usaha ekonomi kreatif, peningkatan pemerataan pendidikan dan pelayanan kesehatan serta pelayanan dasar lainnya dan penataan ruang kota dan peningkatan infrastruktur pelayanan dasar berwawasan lingkungan, serta yang terakhir peningkatan kualitas pelayanan publik dan efisiensi kerja birokrasi.


"Dengan terbatasnya kapasitas keuangan kita, maka kami tegaskan kepada kepala perangkat daerah dalam penyusunan program dan kegiatan tahun 2024, agar memperhatikan dan menyelaraskan dengan prioritas pembangunan yang telah ditetapkan, sehingga terbangun sinergitas program pembangunan daerah," terangnya.


Menurut orang nomor satu di Kota Solok itu, bahwa di tengah isu resesi global harus diantisipasi. Permasalahan pembangunan saat ini juga semakin rumit. Di samping memenuhi kebutuhan pembangunan dari aspirasi lokal di daerah, juga dihadapkan dengan prioritas pencapaian SPM, pemenuhan mandatory, peningkatan pendapatan daerah serta efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. 


"Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Kota Solok untuk harus berinovasi dan menyusun skala prioritas dalam upaya meningkatkan kinerja pembangunan di Kota Solok yang kita cintai ini," ujar Zul Elfian Umar. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update