Notification

×

Iklan

Pemkab Tanah Datar Dukung Bundo Kanduang Turun ke Sekolah

Senin, 06 Februari 2023 | 20:39 WIB Last Updated 2023-02-06T13:39:58Z

 




Suasana Musda Bundo Kanduang di Tanah Datar,

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Bupati Eka Putra membuka musyawarah daerah (Musda) Bundo Kanduang Kabupaten Tanah Datar ke-9 tahun 2023, di Gazebo Indo Jalito, Senin (6/2/2023).


Bupati beharap melalui Musda itu, lahir pengurus baru dengan program-program yang bisa bersentuhan langsung kepada masyarakat, sehingga organisasi Bundo Kanduang lebih berdampak bagi kehidupan sosial di Minangkabau. Bupati Eka menambahkan pemerintah daerah (Pemda) mendukung berbagai program yang disusun organisasi Bundo Kanduang. 


“Salah satu program yang menarik pada organisasi ini adalah Bundo Kanduang turun ke sekolah. Ini akan memberikan edukasi terkait  adat dan budaya bagi generasi muda. Untuk itu, Pemda mendukung sekali,” ujar Bupati Eka.


Selain itu, dia berharap di zaman perkembangan digitalisasi yang sangat pesat ini, seluruh pengurus organisasi Bundo Kanduang menyesuaikan diri dengan hal tersebut.


“Digitalisasi sangat berdampak pada seluruh aspek kehidupan saat ini. Untuk itu, manfaatkan perkembangan digitalisasi guna kemajuan organisasi Bundo Kanduang,” ujar Bupati Eka.


Eka Putra berpesan Bundo Kanduang senantiasa berbagi pengetahuan yang dimilikinya kepada siapa saja, yang ingin mengetahui tentang adat dan budaya Minangkabau. 


“Ke depan, tugas Pengurus Bundo Kanduang sangat berat sekali, terpenting itu saling mengisi, yang tidak mengetahui harus diberi tahu bagi lebih tahu,” ujar Bupati Eka.


Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat (Sumbar) Prof. Dr. Ir. Raudha Thaib, M.P., mengatakan Musda ialah mata rantai program kepengurusan organiasi Bundo Kanduang. Ia pun berharap adanya konsistensi Pemda Tanah Datar di setiap program-program organisasi Bundo Kanduang.


“Pengurus Bundo Kanduang Sumbar menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemda Tanah Datar yang telah banyak terlibat di dalam program-program organisasi Bundo Kanduang, baik setingkat nasional, provinsi maupun  daerah,” ujarnya.


Sementara itu, Penasehat Bundo Kanduang Tanah Datar, Ny. Lise Eka Putra mengatakan pengurus Bundo Kanduang periode 2017  sampai dengan 2028 nantinya. Tidak berfokus terhadap pemilihan ketua dan organisasi.  Ia berharap pengurus yang terpilih nanti bisa mengevaluasi kinerja lima tahun sebelumnya, baik program yang sudah terlaksana, maupun mempersiapkan program kerja yang akan dilaksanakan.


“Organisasi Bundo Kanduang  merupakan wadah bagi  kaum perempuan yang diharapkan mencari solusi atas persoalan yang ada di tengah masyarakat. Saya harap  pengurus baru ini, nantinya bisa membawa perubahan lebih besar,” ujar Ny. Lise Eka Putra. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update