Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tangan Dingin Sri Adianto Bawa Desa Santur Menjadi Desa Mandiri Nasional

Sabtu, 07 Januari 2023 | 06:46 WIB Last Updated 2023-01-06T23:46:26Z

Kades Santur, Sri Adianto dan piagam penghargaan sebagai Desa Mandiri Nasional 2022.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Awal 2023 Desa Santur Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, di bawah kepemimpinan Kades Sri Adianto membuka sejarah barunya dinobatkan sebagai Desa Mandiri Nasional 2022 oleh Kemendes PDTT.

Piagam penghargaan itu diserahkan Walikota Sawahlunto, Deri Asta, mewakili Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar kepada Kades Santur, Sri Adianto, Kades Muaro Kalaban, Yuriswan dan Kades Talawi Mudiak, Syamsir di Aula SKB, Senin (2/1/2023) yang lalu.

Sri Adianto yang ditemui Rakyatterkini.com mengucapkan terimakasih kepada Kemendes PDTT, Pemko Sawahlunto yang selalu memberikan bimbingan dan pembinaan kepada Pemerintahan Desa Santur.

"Khususnya kepada masyarakat Desa Santur yang ada di kampung dan perantauan, penghargaan ini sejatinya adalah penghargaan kepada seluruh masyarakat Desa Santur dan Perantau yang selalu berpartisipasi aktif dalam setiap program-program desa," ujarnya.

Mendes PDTT mengungkapkan bakal menjalin komunikasi dengan kepala daerah setempat untuk membahas rencana penghargaan bagi desa yang berstatus desa mandiri di daerahnya.

Menurutnya, langkah ini adalah bentuk apresiasi dari Kementerian Desa PDTT dan Pemda kepada Kades yang sudah berhasil membawa kemajuan pada desanya.

Gus Halim juga melaporkan jumlah Desa Mandiri hingga akhir Desember 2022 sudah menembus angka 6.238 desa. Angka tersebut sudah melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2024, yakni 5.000 desa mandiri. 

Menurutnya, keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa dana desa teruji dapat memajukan desa-desa di Indonesia. 

"Kita sudah melampaui sebanyak 1.238 desa mandiri dari target RPJMN," ungkapnya. (ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update