Notification

×

Iklan

Revitalisasi Wisata Religi, Fokus Pengabdian Tim KKN Tematik Sejarah UNP

Senin, 16 Januari 2023 | 19:34 WIB Last Updated 2023-01-16T12:34:23Z

Mahasiswa KKN foto bersama.

Batusangkar, Rakyatterkini.com - Departemen Sejarah Universitas Negeri Padang (UNP) adakan Kuliah Kerja Nyata Tematik Bidang Studi (KKN-TBS) Sejarah, di Nagari Batuhampar, Kecamatan Akabiluru, Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

KKN TBS yang bertajuk 'revitalisasi wisata religi' dibimbing tiga dosen, yakni Aisiah, Rini Afriani, dan Rahmiati. 

Sabarnuddin, ketua tim pelaksana KKN-TBS Sejarah mengatakan, Nagari Batuhampar memiliki berbagai peninggalan sejarah seperti surau, makam, menara, dan peninggalan lainnya di sekitar Pondok Pesantren Al-Manaar. 

Peninggalan ini menjadi saksi bisu cerita tentang perkembangan dan kemajuan peradaban Islam di daerah ini, namun peninggalan tersebut kondisinya kurang terawat dan dikelola dengan baik sehingga perlu direvitalisasi.

Sabarmuddin bercerita, revitalisasi objek wisata religi telah disusun oleh DPL dan dipaparkan kepada 31 mahasiswa sejarah sebagai pelaksana teknis di lapangan. 

Kegiatan antara lain, pendataan kembali objek-objek wisata religi di kompleks surau Batuhampar dan ponpes Al Manaar, pembuatan narasi historis mengenai objek wisata religi.

Penyajian informasi publik dan promosi wisata berupa publikasi objek wisata religi, dan wisata sejarah di media cetak dan digital.

Penataan lingkungan sekitar kawasan objek wisata religi (kompleks surau dan ponpes al Manaar), serta memberikan pelatihan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Dikatakan, timnya sudah memulai kegiatan KKN selama satu minggu sejak awal kedatangan mereka pada Minggu, 8 Januari 2022 dan akan melakukan pengabdian selama satu bulan hingga 9 Februari 2022.

"Selama satu minggu pertama kami telah merealisasikan program kerja seperti pendataan objek-bjek wisata religi, penataan lingkungan sekitar objek wisata, penulisan narasi historis, serta melakukan publikasi di berbagai media, "ujarnya.

Asra Arafat, Wali Nagari Batuhampar mengatakan kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN-TBS Sejarah UNP didukung penuh oleh pemerintahan Nagari Batuhampar.

“Sebenarnya, kegiatan yang dilakukan oleh adik-adik mahasiswa KKN selaras dengan visi misi kami sebagai Wali Nagari yaitu menjadikan Batuhampar sebagai destinasi wisata religi dan agrowisata, sehingga kami akan mendukung penuh kegiatan adik-adik mahasiswa, ”ucapnya.

Dr. Aisiah, selaku DPL berharap kegiatan KKN-TBS Sejarah UNP ini menjadi agenda rutin Departemen Sejarah UNP setiap semester agar program-program KKN dapat dilakukan secara terus-menerus. (tim)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update