Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menpora Kawal Percepatan Penyelesaian Stadion Marahadin Kota Solok

Rabu, 04 Januari 2023 | 21:28 WIB Last Updated 2023-01-04T14:28:58Z

Walikota Solok, Zul Elfian Umar, beserta rombongan di ruang kerja Menpora RI Zainudin Amali.

Solok, Rakyatterkini.com - Walikota Solok, Zul Elfian Umar audiensi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, Rabu 4 Januari 2023.

Wali kota, didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Afrizal, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Nurzal Gustim, Penghubung Kota Solok Yopi Permana, dan Kabid Tibum Agung Hazani.

Dalam audiensi itu, walikota menjelaskan kondisi Kota Solok terkini, khususnya dalam pengembangan kepemudaan dan olahraga. 

Pemko Solok saat ini sedang berupaya melakukan percepatan penyelesaian pembangunan Stadion Marahadin, yang telah sampai ke tahap IV dari V tahapan.

Pelaksanaanya melalui APBD Kota Solok dan juga bantuan keuangan khusus dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Dikatakan, penyelesaian Stadion Marahadin menjadi hal yang sangat prioritas. Akan tetapi, keterbatasan keuangan daerah menjadi kendala dalam penyelesaiannya. 

Tentunya dibutuhkan rekomendasi dari Kemenpora yang akan menjadi pintu masuk dalam memenuhi salah satu kriteria, agar Kementerian PUPR RI dapat mengalokasikannya.

Walikota juga menyampaikan, Kota Solok juga akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan berlangsung pada 2026 mendatang.

Merespon pemaparan Walikota Solok itu, Menpora yang didampingi Kepala Bagian Protokol dan TU Pimpinan Indra Jaya Atmaja menjelaskan hal-hal teknis penting di Kemenpora terkait pembangunan sarana dan prasarana olahraga.

Beliau juga sangat merespon harapan Walikota dan berjanji akan membantu Pemko dalam hal upaya percepatan penyelesaian pembangunan Stadion Marahadin Kota Solok.

Dua tahun belakang seluruh pembangunan fisik menjadi kewenangan Kementerian PUPR, termasuk sarana dan prasarana olahraga.

Begitupun juga halnya dengan kepemudaan menjadi kewenangan Kemendikbud, namun untuk rekomendasi tetap dari Kemenpora. 

"Kita akan berikan rekomendasi secepatnya dan kita kawal ke Kementerian PUPR," tegasnya.

Menpora mengingatkan agar stadion yang dibangun jangan tanggung-tanggung, jika perlu bertaraf internasional.

Selain itu Menpora juga mengatakan Sumatera Barat beruntung memilikian Universitas Negeri Padang (UNP), sebagai tempat konsultasi untuk masalah olahraga, khususnya stadion ini, ujar Zainudin Amali (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update