Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Luar Biasa! BUMDes Seroja Desa Marsawa Sumbang PADes Rp158 Juta

Kamis, 12 Januari 2023 | 09:52 WIB Last Updated 2023-01-12T02:52:23Z

Penyerahan PADes oleh Direktur BUMDes Seroja kepada Pj Kades Marsawa.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Seroja, Desa Marsawa, Kecamatan Sentajo Raya, Kuansing, Riau menggelar musyawarah pertanggungjawaban BUMDes tahun buku 2022, Selasa (10/1/2023).

Pada musyawarah yang dihadiri Kadis Sosial PMD Kuansing, Camat Sentajo Raya dan ratusan warga itu diketahui BUMDes Seroja yang dinakhodai Ferianto Purnomo selaku Direktur, berhasil menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) Rp158 juta.

Ferianto Purnomo kepada Rakyatterkini.com mengatakan, pemberian PADes sebesar Rp158 juta tersebut adalah perolehan dana dari laba atau sisa hasil usaha BUMDes Seroja tahun 2022 yang dianggarkan sebesar 25 persen. 

"Alhamdulilah pendapatan laba BUMDes Seroja sepanjang tahun 2022 ada peningkatan yang cukup signifikan. Kami berhasil sumbangkan PADes sebesar  Rp158 juta. Itu merupakan pembagian sebanyak 25 persen dari total laba bersih yang didapat," ujarnya. 

Pria akrab disapa Feri ini mengungkapkan, dari berbagai unit usaha yang dijalankan seperti usaha simpan pinjam, perkreditan barang, saprodi, pasar desa, perdagangan elektronik dan furniture sepanjang tahun 2022, berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp632 juta. 

Foto bersama staf dan karyawan BUMDes Seroja.

"Adapun pendistribusian laba diperuntukkan untuk PADes sebesar 25 persen, cadangan modal 20 persen, dana sosial 7 persen, diklat peningkatan SDM 5 persen, bonus pelaku 8 persen dan kegiatan doorprize MPTB sebesar 35 persen," ujarnya lagi. 

Feri menyebutkan, dari usaha yang dikelola sejak beberapa tahun terakhir pihaknya sudah memberdayakan SDM desa dengan memperkerjakan 21 orang karyawan. Yang mana kata dia, keberadaan BUMDes Seroja berhasil menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Kami bersyukur dari tahun ketahun pendapatan terus meningkat. Selain untuk PADes kami juga memberikan bantuan tambahan insentif untuk RT dan RW tiap bulan. Kedepan, kami akan maksimalkan sebaik mungkin potensi yang ada pencapaian target penghasilan," ungkapnya. 

Kontribusi PADes yang tinggi itu mendapat apresiasi Kepala Dinas Sosial PMD Kuansing, Erdiansyah. Ia menyebut, keberadaan BUMDes Seroja berkontribusi besar dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan pergerakan pembangunan desa. 

Oleh karenanya ia berharap keberhasilan tersebut, menjadi contoh dan motivasi bagi BUMDes lainnya di Kabupaten Kuansing. 

Dengan adanya PADes dari BUMDes itu dapat mendukung pendanaan kegiatan desa, sehingga ke depan tidak lagi sepenuhnya berharap dari pemerintah.

"BUMDes Seroja ini harus menjadi motivasi bagi BUMDes lainnya di Kuansing untuk meningkatkan PADes. Pemerintah desa haru berinovasi mengembangkan BUMDes dan menjadikan pendapatannya sebagai andalan PADes. Apresiasi kami sampaikan kepada BUMDes Seroja, kedepan lebih maju lagi," ungkapnya. (hen)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update