Notification

×

Iklan

Hebat! Baznas Sawahlunto Kumpulkan Zakat Rp5,5 Miliar

Kamis, 19 Januari 2023 | 16:10 WIB Last Updated 2023-01-19T09:10:29Z

Walikota Deri Asta dan Ketua Baznas Edrizon foto bersama mustahiq dan muzzaki.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com  - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sawahlunto berhasil melampaui target pengumpulan dan target penyaluran Zakat pada 2022. 

Ketua Baznas Sawahlunto, Edrizon Effendi, saat launching qardawi meeting room dan HUT ke-22 Baznas, Kamis 19 Januari 2023.

Selain melampaui target pihaknya juga berhasil mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas laporan keuangan, sehingga sudah lima kali berturut-turut Baznas Sawahlunto mendapatkan WTP.

"Atas pencapaian tersebut, Baznas Sumatera Barat memberikan apresiasi dengan menyerahkan award kepada Baznas Sawahlunto. Alhamdulillah, pencapaian ini berkat dukungan Pemko Sawahlunto dan sinergi dengan seluruh pihak serta kontribusi dari para muzakki," kata Edrizon.

Edrizon merinci pada 2022, Baznas Sawahlunto berhasil mencapai pengumpulan zakat sebanyak Rp5,5 miliar atau 108,35 persen, melebihi target pengumpulan sebesar Rp5,1 miliar.

Dijelaskan Edrizon, dalam pengumpulan zakat ini sukses meningkatkan capaian sebesar 120,45 persen atau senilai Rp937.991.039.

Kemudian untuk penyaluran, berhasil mencapai sebanyak Rp4,8 miliar atau 103,70 persen. Itu melebihi target sebanyak Rp4,7 miliar, ujarnya.

Setelah itu untuk mustahiq penerima zakat juga melebih target, yakni terealisasi sebanyak 8.852 orang, sementara target hanya sebanyak 3.210 orang. 

Pada tahun 2022, Baznas Sawahlunto telah meluncurkan inovasi yaitu membayarkan premi BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga keagamaan di kota itu.

Tenaga keagamaan yakni guru TPQ/TPSQ/MDA, imam dan muadzin masjid, gharim masjid dan mushalla, penyelenggara jenazah dan guru tahfidz. Total yang didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan itu sebanyak 603 orang.

Apabila tenaga keagamaan mengalami kecelakaan atau meninggal dunia maka akan memperoleh santunan sesuai regulasi BPJS Ketenagakerjaan.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta memberikan apresiasi kepada jajaran Baznas atas kinerja yang telah dilaksanakan, sehingga berhasil melebihi target-target yang diberikan.

Amanah yang diberikan telah dijalankan dengan baik, dimana pencapaian di atas target, opini WTP dan penghargaan dari provinsi membuktikan telah bekerja dengan baik dan benar.

Pemko Sawahlunto terus mendukung dan mengawasi dalam sinergi mengumpulkan dan menyalurkan zakat sesuai aturan syariat," kata Deri Asta.

Ia juga memuji proses pengumpulan dan penyaluran zakat yang semakin baik dan profesional dilakukan BAZNas dengan meningkatkan manajemen dan teknis pekerjaan.

Deri Asta menilai hal itu menjadi salah satu faktor meningkatnya kepercayaan publik kepada Baznas Sawahlunto, sehingga bertambah jumlah lembaga/instansi dan perusahaan yang bergabung membayarkan zakatnya. (ril/ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update