Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gubernur Ajak Pelaku Industri Kolaborasi Membangkitkan Pariwisata Sumbar

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:20 WIB Last Updated 2023-01-19T14:20:20Z

Rakerda II PHRI Sumbar.

Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, ajak pelaku pariwisata berkolaborasi dalam meningkatkan kunjungan wisata.

Diungkapkan Mahyeldi saat membuka Rakerda II Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Badan Pengurus Daerah (BPD) Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 di Pangeran Beach Hotel, Kamis (19/1/2023).

Sumbar memiliki berbagai destinasi yang indah, namun pemerintah daerah dan pelaku industri pariwisata perlu lebih kreatif agar kunjungan wisatawan semakin meningkat.

"Sektor pariwisata ini sangat potensial untuk dijadikan andalan, memang ada beberapa hal yang perlu dibenahi seperti, peningkatan kualitas layanan, kebersihan dan keramahan, itu semua perlu kolaborasi untuk mengatasinya," ujar Mahyeldi.

Selain itu, ia juga mengharapkan agar jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar dapat kembali ke level sebelum pandemi atau jika memungkinkan lebih baik lagi.

Sebagai salah satu strategi dalam membangkitkan kembali sektor pariwisata, Pemprov Sumbar telah mencanangkan tahun 2023 sebagai tahun kunjungan wisata yang bertajuk Visit Beautiful West Sumatra 2023, dengan menyiapkan 77 event wisata yang tersebar di 19 Kabupaten Kota selama tahun 2023.

Sementara itu, Ketua PHRI Sumbar, A,E Rina Pangeran, menyatakan PHRI siap mensupport pemerintah daerah dalam membenahi sektor pariwisata di Sumbar. 

Namun ia juga menegaskan masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dituntaskan bersama antara pemerintah daerah dan pelaku kepariwisataan. 

"Kami berharap, secara bertahap fasilitas di berbagai destinasi dapat segera dibenahi oleh Pemda. Agar destinasi ini menjadi lebih menarik bagi calon wisatawan, nantinya PHRI akan mengambil peran dari segi promosi. Semoga kolaborasi ini bisa memberikan dampak positif kepada pariwisata Sumbar," tegasnya. (*/gp)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update