Notification

×

Iklan

Stop Buang Air Besar Sembarangan, Kota Pariaman Deklarasikan ODF

Jumat, 23 Desember 2022 | 09:34 WIB Last Updated 2022-12-23T02:34:46Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, saat penyerahan penghargaan pada Walikota Pariaman, Genius Umar.

Pariaman, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, meresmikan Kota Pariaman sebagai Kota Open Defecation Free (ODF). 

Pada 2022 ini, merupakan pencapaian besar bagi Sumatera Barat, sebab terdapat 4 kab/kota yang mencapai ODF.

Hal tersebut terungkap dalam acara deklarasi ODF Kota Pariaman atau stop buang air besar sembarangan, di Pantai Gandoriah, Kamis (22/12/2022).

Gubernur mengatakan saat ini Pemprov Sumbar tengah mendorong seluruh kabupaten/kota menuju daerah yang ODF, termasuk Kota Pariaman. 

Oleh sebab itu Pemprov Sumbar kini tengah fokus melaksanakan perbaikan fasilitas masyarakat terutama pencegahan wabah penyakit, lingkungan hidup, dan penanganan masalah sampah. 

Kota Pariaman bisa menjadi percontohan bagi daerah lain karena saat ini baru ada 4 kabupten/kota yang ODF 100 persen di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022. 

Gubernur menyampaikan terdapat tiga kiat untuk mendorong sebuah Kota menjadi Kota berstandar internasional, salah satunya adalah angkutan publik. 

Sementara itu, Walikota Pariaman, Genius Umar, mengatakan deklarasi ODF (Open Defecation Free) adalah sebagian upaya menjaga kebersihan. 

Selain itu, kesehatan menjadi salah satu faktor penting dalam kesejahteraan dan kemajuan suatu daerah. Deklarasi ODF ini merupakan perwujudan dari perilaku hidup sehat. Keberhasilan ODF 100 persen tidak terlepas dari kerja sama OPD Pemko Pariaman mulai dari dinas sampai ke desa dan kelurahan. (mmc)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update