Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Memperingati Bela Negara, PDRI Penyambung Nyawa NKRI

Senin, 19 Desember 2022 | 17:25 WIB Last Updated 2022-12-19T10:25:38Z

Memperingati Hari Bela Negara.

Padang, Rakyatterkini.com - Memperingati Hari Bela Negara ke-74, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar upacara bersama di lapangan GOR Agus Salim, Padang. 

Gubernur Mahyeldi menjadi inspektur upacara sekaligus membacakan pidato Presiden Joko Widodo, Senin (19/12/2022).

"Kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara," kata gubernur.

Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. 

Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 ini, gubernur mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing- masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara.

Gubernur juga sampaikan adanya HBN didasarkan pada suatu peristiwa yang terjadi di Sumbar, yaitu berdirinya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Selama 207 hari, pemerintah darurat yang memilih Bukittinggi sebagai ibukota negara sementara, menjadi penyambung nyawa Indonesia dan merupakan sejarah berarti bagi Sumbar. 

Gubernur juga mengajak generasi muda Sumbar turut memberikan kontribusi terbaiknya pada NKRI. Harapannya, semoga peringatan HBH menjadi awal bagi warga negara Indonesia secara umum untuk terus meningkatkan jiwa nasionalisme. (mmc)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update