Notification

×

Iklan

IKM Bandung Dikukuhkan, Sumarak Minangkabau di Tatar Sunda

Senin, 19 Desember 2022 | 17:34 WIB Last Updated 2022-12-19T10:34:33Z

Perantau Minang Bandung foto bersama wagub.

Bandung, Rakyatterkini.com - Pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) dihadiri wakil gubernur Audy Joinaldy, di halaman Gedung Budaya Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/12/22). 

Mengangkat tema "Sumarak Minangkabau di Tatar Sunda" Pengukuhan IKM Jawab Barat diharapkan Wagub dapat mempererat tali persaudaraan antara perantau di Tatar Sunda, serta membawa kekhusyukan bagi hubungan persaudaraan sesama Urang Minangkabau di rantau, sekaligus meningkatkan peran rantau dalam membangun Ranah Minang.

"Sebagai orang Minang, kita harus tetap menjaga tali persaudaraan dimanapun kita berada. Saudara-saudara kita yang berada di rantau terutama yang terikat dalam Ikatan Keluarga Minang (IKM) Jawa Barat, dapat meningkatkan peran dalam pembangunan Ranah Minang yang kita cintai," ujar Wagub.

Selain dalam rangka pengukuhan, kegiatan yang sudah tentu kental dengan budaya Minangkabau itu juga bertujuan untuk mempromosikan budaya, kuliner dan eksistensi masyarakat Minangkabau di Jawa Barat agar semakin dikenal.

Ketua IKM DPW Jawa Barat, Joni Martiyus Sutan Sari Alam mengatakan Pagelaran Festival Sumarak Minangkabau di tatar Sunda ini diharapkan mampu semakin merekatkan keakraban budaya Minangkabau dan Sunda serta eksistensi Urang Minangkabau di Tanah Priangan.

“Pagelaran ini sangat banyak manfaatnya, tidak hanya urang Minang, tapi juga bagi Jawa Barat. Khususnya dalam gerak cepat perkonomian pasca Pandemi Covid-19,” kata Joni.

Selain dihibur pagelaran seni budaya, pengunjung Sumarak Minangkabau juga  dapat menikmati aneka kuliner Minangkabau.

Mendampingi Wagub Sumbar, hadir Gubernur Jawa Barat yang diwakili Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, serta Pangdam 3 Siliwangi diwakili Kasidam 3 Siliwangi. (mmc)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update