Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kota Solok Terima Penghargaan Kota Terinovatif 2022

Selasa, 27 Desember 2022 | 19:53 WIB Last Updated 2022-12-27T12:53:33Z

Walikota Solok, Zul Elfian Umar, di acara penghargaan kota terinovatif 2022.

Solok, Rakyatterkini.com - Dinilai banyak melahirkan inovasi, Pemko Solok raih penghargaan sebagai kota terinovatif dalam ajang Penganugerahan Inovasi Daerah Tahun 2022.

Penghargaan diterima Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, Selasa 27 Desember 2022, diserahkan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi.

Penganugerahan inovasi daerah 2022 yang diberikan kepada kabupaten terinovatif dan kota terinovatif se-Sumatera Barat, sebagai wujud untuk membudayakan inovasi di Provinsi Sumatera Barat.

Kota Padang Panjang meraih juara I kota terinovatif, disusul Sawahlunto juara 2 dan Kota Solok berhasil meraih juara 3 kota terinovatif.

Diantara sekian banyak inovasi yang diciptakan Pemko Solok, mampu membangkitkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan sektor UMKM, melalui kemasan Dinas Koperasi, Industri, dan Perdagangan.

Sebuah inovasi yang bernama E-UMKM Manjua. Ini dibuat agar UMKM bangkit dari dampak pandemi Covid-19 melalui aplikasi transformasi digital.

Selain itu ada inovasi dalam bentuk lembaga keuangan syariah berbasis masjid dengan nama Gaung Masjid. Gaung masjid ini upaya Pemko Solok dalam mengentaskan kemiskinan dengan memberdayakan bhaitul mal masjid dengan prinsip pinjaman syariah.

Dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan melalui Disdukcapil, berhasil meluncurkan inovasi baru, yaitu satu layanan dapat 11 dokumen (one for eleven).

Dimana inovasi layanan terintegrasi ini merupakan hasil kerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Solok.

Inovasi ini diluncurkan sebagai bentuk wujud dari keseriusan Pemkot Solok dalam meningkatkan pelayanan ke masyarakat.

Adapun 11 dokumen itu terdiri lima dokumen dari KUA yakni dua buku nikah, dua sertifikat screening atau konseling, satu kartu nikah, dan enam dokumen dari Disdukcapil berupa tiga kartu keluarga, dua KTP, dan satu sertifikat layanan terintegrasi.

Selanjutnya dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Pemko Solok juga meluncurkan aplikasi Sistim Layanan Eletronik (SILEK) dengan 37 jenis pelayanan.

"Alhamdulillah, Pemko Solok meraih penghargaan sebagai kota terinovatif. Ini merupakan apresiasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta inovasi lainnya sesuai kewenangan daerah," kata Zul Elfian Umar.

Ke depannya, Pemko Solok akan terus menggulirkan inovasi terbaiknya dalam menjawab harapan dan keinginan warga yang terus meningkat guna terwujud Kota Solok, yang religius, nyaman, dan sejahtera. (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update