Notification

×

Iklan

Curah Hujan Tinggi Batang Limpato Meluap, Satu Rumah Ambruk

Kamis, 01 Desember 2022 | 22:14 WIB Last Updated 2022-12-01T15:14:26Z

Pemukiman warga di Nagari Kajai direndam banjir.

Pasbar, Rakyatterkini.com - Curah hujan yang tinggi sejak beberapa waktu belakangan mengakibatkan Batang Limpato di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau Pasaman Barat meluap, Kamis (1/12/2022) malam.

Selain banjir, satu unit rumah ambruk akibat tanah longsor di daerah itu.

"Saat ini, pemerintahan nagari telah turun ke lokasi banjir dan tanah longsor bersama BPBD Pasbar, PMI, Basarnas, TNI, Polri bahu membahu melakukan pertolongan," kata Kapolsek Talamau AKP Junaidi kepada wartawan Kamis malam.

Dia mengimbau kepada warga yang melintasi Jalan Kabupaten Kajai-Talu, agar mengurungkan niatnya terlebih dahulu, karena cuaca tak menentu serta adanya beberapa titik rawan longsor yang mengancam di sepanjang jalan Kajai-Talu.

Junaidi menyebutkan luapan air Batang air di Kajai, kecamatan Talamau ini, meluap hingga ke badan jalan dan mengganggu akses transportasi di daerah itu, namun  perlahan mulai surut.

"Air sungai yang meluap, mengakibatkan puluhan rumah warga terendam air setinggi 50-80 centimeter," ungkapnya.

Tidak ada korban jiwa pada bencana itu. Satu unit rumah permanen ambruk akibat tanah longsor di Jorong Kampung Alang Nagari Kajai.

Selain meluapnya Batang Limpato, banjir juga terjadi di Kejorongan Mudiak Simpang.

"Kepada warga yang berdomisili di tepi sungai, agar meningkatkan kewaspadaan ancaman banjir dan longsor. Sebab hingga kini hujan masih lebat," ujarnya. (junir sikumbang)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update