Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Catatan Akhir Tahun IWO Muba, Wartawan Jangan Diintervensi

Sabtu, 31 Desember 2022 | 09:12 WIB Last Updated 2022-12-31T02:12:20Z

Kilas balik IWO Muba.

MUBA, Rakyatterkini.com - Jelang Akhir 2022, Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Musi Banyuasin mencatat beberapa realisasi kinerja dan kendala profesi wartawan online khususnya yang bernaung di IWO.

Berdasarkan catatan, IWO Muba telah melaksanakan realisasi kinerja di sektor sosial, kemitraan BUMD, kemitraan bersama pemerintah daerah, kepolisian dan TNI dalam segala bidang.

Menariknya, terdapat catatan penting yaitu salah satunya pengabdian dan loyalitas anggota profesi kepada organisasi yang masih harus mendapatkan evaluasi untuk menjalankan roda organisasi di Tahun 2023 mendatang.

Menurut Ketua PD IWO Muba, Riyansyah Pitra, didamping Wakil Ketua Hendra Imron dan Kabid Organisasi Ariansyah Saputra mengatakan, catatan setiap wartawan telah diatur dalam undang-undang tertinggi wajib dalam berorganisasi.

"Kemudian turunannya, yaitu setelah berorganisasi wartawan dituntut di dalam AD/ART agar mengemban tugas dan menjaga nama baik organisasi agar dapat dikenal oleh masyarakat umum, hal itu telah ada pada peraturan organisasi dan AD/ART IWO," kata Riyan.

Artinya, loyalitas, totalitas, dan profesionalitas anggota harus terus mengedepankan azas kepedulian antar sesama, baik dalam menghadapi perkara maupun tugas serta fungsi kontrol sosial.

Sementara itu Kabid Organisasi Ariansyah Saputra menambahkan, dirinya melihat meskipun telah berjalan baik menjalin kemitraan, masih saja ada ulah oknum yang tidak bertanggungjawab melecehkan, mengkerdilkan bahkan menghalangi tindak tanduk organisasi dan profesi untuk mencari dan menyebarkan informasi.

"Kami berharap tak ada lagi intervensi yang membuat kami merasa terintervensi. Jalannya keseimbangan, baik, buruk, serta hal-hal yang terbuka agar dapat diberikan solusi bukan untuk memberikan perpecahan dengan cara memanfaatkan jabatan sebagai dalih intervensi," katanya.

Sampai akhir 2022, IWO Muba sukses melaksanakan beberapa kegiatan, pelatihan jurnalistik, komitmen mendukung pengentasan peredaran narkoba.

Bantuan sosial 250 paket sembako kepada masyarakat, kursi roda bagi disabilitas, hibah Alquran, dan ikut serta pelaksanan Mubes II PP IWO. (*)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update