Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

9 Kabupaten/kota Raih PL-UMKM dan Enumerator Terbaik

Jumat, 23 Desember 2022 | 09:25 WIB Last Updated 2022-12-23T02:25:01Z

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, memberikan penghargaan.

Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, memberikan penghargaan kepada 9 kabupaten/kota yang telah meraih pendataan lengkap, koperasi, UMKM (PL-UMKM) di Sumatera Barat, di Hotel Santika Padang, Kamis (22/12/2022).

Sembilan kabupaten/kota tersebut adalah Padang, Pesisir Selatan, Pasaman, Agam, Padang Pariaman, Tanah Datar, Limapuluh Kota, Pasaman Barat, dan Kabupaten Solok.

Di acara tersebut juga diberikan penghargaan kepada lima enumerator terbaik, antara lain Dewi Oktiri Yeni dari Padang Pariaman, serta Hendro Arianto, Feri Fanando Saputra, dan Silvi Fitriani dari Padang.

Menurut gubernur, gambaran usaha masyarakat Sumbar, selain pertanian adalah UMKM. Usaha tersebut bergerak di sektor industri, industri rumah tangga, jasa, dan perdagangan. Mayoritas masih skala mikro dan kecil. 

Dari data yang diolah bersumber dari BPS tahun 2016, data Kemenkop UKM RI dan lainnya jumlah usaha mikro berjumlah 531.350 unit (89.59 persen), usaha kecil 53.431 unit (9,01persen).

Sumbar mempunyai berbagai warisan budaya yang ditandai dengan berbagai produk kerajinan yang turun temurun seperti dibidang fashion, makanan, dan lain-lain. Potensi produk tersebut agar dapat bermanfaat lebih besar tentu perlu pengembangan dan penambahan nilai (added value). (mmc)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update