Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tuntaskan Stunting, Pemkab Solsel Rampungkan Rembuk pada Seluruh Kecamatan

Kamis, 17 November 2022 | 06:00 WIB Last Updated 2022-11-17T01:57:57Z

Camat Sangir Jujuan, Elfi Hendri, pimpin rapat.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Rembuk stunting merupakan upaya yang dilakukan pemerintah pada tingkat kecamatan, maupun kabupaten yang tujuannya untuk memastikan rencana penanganan atau intervensi, pencegahan dan upaya penurunan stunting.

Upaya tersebut melibatkan semua pihak dan stakeholder, perangkat daerah, kecamatan, pemerintahan nagari, jorong dan lembaga non pemerintah atau pihak swasta.

Sejak bulan Oktober lalu, rembuk stunting telah dilaksanakan pada semua kecamatan di Solok Selatan. Terakhir kegiatan rembuk stunting dilaksanakan di Kecamatan Sangir Jujuan.

Kegiatan tersebut dilakukan bersama Tim Percepatan Pengentasan Stunting (TPPS) kecamatan dan kabupaten. 

Camat Sangir Jujuan, Elfi Hendri, Rabu (16/11/2022) mengatakan kegiatan rembuk stunting tingkat kecamatan penting dilakukan yang melibatkan stakeholder kecamatan dan nagari.

Rembuk stunting diharapkan dapat menjadi tempat konsolidasi dari tingkat jorong, nagari, kecamatan hingga kabupaten. Untuk itu kerjasama dalam penanganan stunting hendaknya berdampak secara nyata, tidak hanya sebatas wacana, namun juga diharapkan dukungan anggaran dalam APB Nagari.

Sementara perwakilan Bidang P2P, Prima Dona menyatakan pengentasan stunting tidak bisa dilaksanakan sekali duduk, harus dilakukan berkelanjutan dan bersama sama dari tingkat nagari, kecamatan hingga pemerintah kabupaten.

Tenaga Ahli P3MD, Aidil Hasril, mengungkapkan secara nasional stunting adalah masalah darurat, karena terkait sumber daya manusia, dan menjadi salah satu kinerja pemerintah daerah. 

Data Puskesmas Sangir Jujuan terdapat anak pendek sebanyak 65 orang dan sangat pendek 11 orang tersebar di Kecamatan Sangir Jujuan.

Beberapa tindakan bersama yang perlu dilakukan di Sangir Jujuan adalah memperhatikan nutrisi ibu hamil, pemberian makanan tambahan, pelatihan pembuatan makanan tambahan, dukungan anggaran guru PAUD, peningkatan air pamsimas, fasilitasi kartu BPJS kesehatan, peningkatan sarana posyandu dan lainnya terkait pencegahan dan mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat. (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update