Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pileg 2024, PAN Sawahlunto Siapkan Strategi Khusus

Rabu, 02 November 2022 | 06:37 WIB Last Updated 2022-11-01T23:37:45Z

Effendi Boer, Bacaleg PAN Sawahlunto.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional Sawahlunto menyiapkan strategi khusus menghadapi tiga kendala berat pada Pileg (pemilihan calon legislatif) 2024 mendatang.

"Kendala pastinya adalah hal-hal yang klasik pertama masyarakat kita ada yang mulai phobia, sehingga agak sulit diajak masuk partai politik," ungkap Ketua DPD PAN Sawahlunto, Deri Asta, Selasa (1/10/2022).

Kedua, munculnya partai-partai baru memberi alternatif, Deri Asta yang juga adalah Walikota Sawahlunto ini menilai bagus sehingga menjadi banyak pilihan rakyat.

Bagi PAN dan bagi partai lain, ia yakin ini suatu tantangan untuk meyakinkan orang, berjuang untuk bangsa dan negara melalui Partai Amanat Nasional itu lebih baik, meyakinkan butuh strategi tersendiri agar mereka yakin melalui PAN.

Kemudian yang ketiga, Pemilu kita ini sangat kapitalis sekarang. 'wani piro' itu ada di mana-mana sekarang. Bagi rakyat kita itu bukan apa yang akan mereka dapatkan lima tahun ke depan, tapi apa yang mereka dapatkan hari ini.

"Nah ini tantangan, tapi itu realita fakta di lapangan yang harus dihadapi Partai Amanat Nasional. Kita tidak bisa lari dari fakta tersebut. Ini harus dihadapi dengan strategi khusus," kata Deri Asta.

Deri Asta juga mengakui dulu kelemahan PAN itu di saksi, sehingga ada daerah hilang kursi itu karena tidak ada saksi.

Kali ini PAN sangat serius menyiapkan saksi, pihaknya punya Badan Saksi Nasional, Badan Saksi Wilayah, Badan Saksi Daerah sudah mulai bekerja menyiapkan saksi-saksi yang akan ditugaskan di TPS nantinya. 

Kalau prosesnya selesai, PAN akan mentraining trainer untuk melatih para saksi di seluruh Indonesia.

"Di Sawahlunto sendiri kita lakukan itu, kita sudah bentuk badan saksi daerah, tinggal mereka melakukan pelatihan saksi dan DPP menyiapkan droping biaya saksi untuk seluruh saksi di Indonesia. 

Ketika sudah seratus persen persiapan saksi, DPP berjanji mentransfer sejumlah uang yang akan diberikan kepada para saksi. Soal nominalnya itu rahasia perusahaan. Kalau orang tahu nanti diatasi oleh partai lain," bebernya.

Diakuinya, jelang Pileg 2024 DPD PAN Sawahlunto sudah mulai membuka pendaftaran pencalegan dini sejak Agustus kemarin hingga akhir Desember 2022 mendatang.

Pecalegan dini itu dibuka utuk semua tingkatan DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kota/kabupaten. Pihaknya menjaring ada dari kader internal dan membuka kesempatan seluas-luasnya untuk masyarakat luas yang ingin mengabdi untuk bangsa negara melalui PAN.

"Dari pecalegan dini ini kita sudah menjaring 160 persen bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Sawahlunto. Target kita adalah 200 persen bacaleg yang nanti kita saring menjadi 100 persen caleg yang akan didaftarkan ke KPU Sawahlunto."

Kemudian lanjut Deri Asta, ada beberapa tokoh masyarakat yang menjadi darah segar sudah bergabung ke PAN, dan siap berjuang bersama PAN, diantaranya, Zulta Doferi (Ferri Baro), Indra Gunadi (Kinoy), Effendi Boer, Busmar (Ajo Bus), Mhd.Aolya, Fatrionaldi, Afdal Muhammad, Afdhalisman, Eriyon Ridwan, Susi Lilik Murnali, Wan Ikhlas, Ganofalis dan beberapa tokoh masyarakat lain yang masih kita simpan namanya.

Di Sawahlunto menurutnya harus terisi full 3 Dapil untuk itu ditargetkan minimal 4 kursi Pileg 2024 nanti, untuk DPRD Sawahlunto kalau dulu 2019, 2 kursi, 2024 targetkan 4 kursi.

"Target PAN Sawahlunto 4 kursi DPRD, Sawahlunto ada 4 kecamatan, maka 1 kecamatan 1 kursi DPRD. Kepada seluruh kader PAN dan bacaleg harus mulai bergerak di lapangan," tegas Deri Asta. (ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update