Notification

×

Iklan

Perkuat Sinyal Komunikasi Pengawalan G20, Polri Siagakan Repeater Mobile di Titik Blank Spot

Senin, 14 November 2022 | 09:41 WIB Last Updated 2022-11-14T02:41:34Z

Polri Siagakan Repeater Mobile di Titik Blank Spot
Polri siagakan repeater mobile di titik blank spot.

Bali, Rakyatterkini.com - Divisi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Div TIK) Polri menyiagakan mobil Repeater Mobile di titik-titik lokasi blank spot jaringan komunikasi radio (HT). 

Ini berguna membantu personel di lapangan yang sedang melaksanakan tugas pengamanan dan pengawalan rombongan KTT G20.

Salah satu lokasi yang diperkuat oleh repeater mobile berada di wilayah sekitar hotel The Apurva Kempinski, Jalan Raya Nusa Dua Selatan, Badung, Bali. Pasalnya, lokasi jalan yang dilalui oleh rombongan KTT G20 berkelok dan berbukit sehingga membuat komunikasi terganggu.

"Setelah disurvei kendaraan tersebut disimpan di lokasi ini untuk memperluas jangkauan radio komunikasi, titik-titik yang blank spot tadi dicover dengan kendaraan mobile repeater sehingga pengawalan tidak putus komunikasinya," kata perwira pengendali mobile repeater, AKP Arie Wibisono di lokasi, Minggu (13/11/2022).

Sebelum di tempatkan mobil repeater trunking, jangkauan komunikasi masih ada penerimaan sinyal radio yang kurang baik terutama seputaran hotel mulia lantaran terganggu titik blank spot. 

Namun setelah dipasang perangkat tersebut, sinyal bisa diperkuat sampai 5 kilometer. "Jadi setelah kita pasang, jangkauan komunikasi bisa sampai 5 kilometer, kita pastikan tidak ada komunikasi yang terputus di jalur lokasi seputaran hotel mulia, hilton, kempinsky, ritz carlton dan samabe," kata Ari.    

Untuk memastikan tidak ada layanan komunikasi yang terganggu, ia bersama empat anggotanya juga bersiaga 1X24 jam selama. Bilamana ada kendala seperti mati listrik, maka langsung menyalakan genset yang berada di kabin belakang.

Ia menambahkan mobil Div TIK Polri ini memiliki perangkat site trunking yang dapat terhubung dengan site trunking Polda Bali, Sehingga dapat memberikan backup komunikasi dalam pelaksanaan pengamanan. (rel)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update