Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemkab Solsel Luncurkan Program Satu Excavator Satu Kecamatan

Sabtu, 05 November 2022 | 07:40 WIB Last Updated 2022-11-05T00:40:24Z

excavator milik Pemkab Solsel.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan resmi merilis program "satu excavator satu kecamatan". Launching program ini dilakukan di Jorong Simancuang, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo.

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan dirilisnya program ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

"Kita hari ini melaunching program unggulan satu excavator satu kecamatan sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan visi dan misi pemerintah yang tertuang dalam bentuk kegiatan dalam RPJMD," kata Khairunas di Simancuang, Pauh Duo, Jumat (4/11/2022).

Bupati menilai, program ini berangkat dari masih rendahnya pembangunan jalan baru di Solok Selatan karena keterbatasan APBD. 

Oleh karena itu, program ini menjadi strategi pemerintah daerah untuk membantu masyarakat, minimal untuk memperbaiki jalan sehingga bisa dimanfaatkan untuk mobilitas.

Selain ekskavator, pada 2022 ini pemerintah Solok Selatan juga telah mengadakan alat berat lainnya, yakni vibro, motor grader, dan tiga motor truk. Diharapkan kegiatan pembangunan masyarakat bisa terbantu dengan keberadaan peralatan ini.

"Jorong Simancuang saat ini mendapat paket lengkap karena itu menjadi pilihan daerah launching guna realisasikan program tersebut. Saat kami berkunjung beberapa waktu lalu untuk melaksanakan kegiatan Mambantai Kabau Nan Gadang dalam rangka peningkatan ruas jalan Sungai Kapur-Simancuang sepanjang 1,9 kilometer dengan dana senilai Rp3,7 miliar sampai tahap pengaspalan," jelas bupati.

Kemudian, untuk peningkatan jalan pasir Simancuang sampai dengan pengaspalan, termasuk pengerasan jalan sepanjang 2,6 kilometer sampai tahap pengerasan dialokasikan anggaran sebesar Rp685 juta. 

Tahun depan, pembangunan jalan Sungai Siriah-Simancuang juga akan dilakukan dengan alokasi anggaran senilai Rp1,2 miliar bersamaan dengan peningkatan jalan Sungai Kapur-Simancuang dengan dana sebesar Rp2,4 miliar.

Selain pembangunan sarana ini, pemerintah juga terus berupaya untuk menurunkan jumlah blank spot di daerah Simancuang. Bekerja sama dengan icon, anak usaha PT PLN (Persero), Pemerintah Kabupaten Solok Selatan telah menyediakan layanan internet di SMP 21 Solok Selatan yang berada di jorong ini.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Nagari Alam Pauh Duo  Irman Saputra mengatakan saat ini masyarakat Simancuang masih kurang sejahtera karena terkendala transportasi. Padahal daerah ini merupakan lumbung padi Solok Selatan lantaran masyoritas pekerjaan masyarakatnya adalah bertani.

Irman mengharapkan dengan tersedianya alat berat ini akan segera dilakukan pembukaan jalan baru. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga alat tersebut. (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update